Translate

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Biografi ‘Ubur-ubur’: Cewek cuek yang hobi keluyuran dan susah dicari karena suka menghilang seenaknya.Sering banget diomelin teman,sahabat, en ortu karena hobinya yang menurut mereka riskan. Seorang kuli (karena blom jadi bos) yang terkadang menulis tentang cerita perjalanannya hanya karena dia pelupa dan takut memori di otaknya sudah full. Baginya jika buku adalah jendela dunia maka perjalanan adalah pintu dunia.
 

Sunday, February 8, 2015

Terpaksa Ikut Bersandiwara di Flores (Perjalanan darat Riung-Bajawa-Ruteng-Labuan Bajo)

5 comments

“Pak, masih lama jalannya?”, Tanyaku.

“belum ada penumpang mbak”, jawab sopir travel.

Hiiiihhh gemes deh ama transportasi di Flores ini. Sebenarnya ga cuma di Flores si yang transportnya model begini, di Kalimantan, dan juga daerah-daerah pedalaman lainnya juga susah dapat transportasi umumnya. Mereka rata-rata baru mau jalan kalo penumpang uda penuh. Laah kalo gini, uda berjam-jam nunggu penumpangnya cuma gueeee, sampe besok juga ga jalan-jalan. Padahal gue harus ngejar transport lagi dari Ruteng untuk sampai ke Labuan Bajo.

Tipe sawah berundak di Flores. kabut dan pegunungan di sekitarnya tu loh, bikin adeeemm


Padahal dari Riung gue uda naik transport paling pagi, jam 6 berangkat dari Riung ke Bajawa (karena katanya travel dari Riung berangkatnya memang jam segitu, mungkin di sesuaikan dengan kondisi Flores yang transportasi kemana-mananya susah, ga setiap waktu ada). Nah sampe Bajawa harus ngejar transport lagi ke Ruteng. Dan dari Ruteng harus ngejar transport lagi untuk sampe ke Laboan Bajo. Padahal ya, kalo ada transport yang langsung dari Bajawa ke Labuan Bajo, pasti sangat membantu. Katanya memang ada bis, tp jarang dan berangkatnya ga tentu. Katanya juga ada travel reguler yang berangkat dengan rute Bajawa-Ruteng-Labuan Bajo, tapi waktu aku telpon kok ya ga diangkat-angkat. Haduuu, lemes deh. Satu-satunya harapan ya naik travel umum, tapi ya begini, nunggu penuh. Lamaaaa. Jadi sampe jam 2 siang gini gue masi mentok aja di Bajawa. 

kota Bajawa yang adem ayem

Berhubung gue harus sampe di Labuan Bajo malam ini juga, karena besok pagi-pagi buta gue dah harus berangkat ke lombok, terpaksalah saya bayar 2,5x lipat dari harga normal agar ni mobil mau segera berangkat ke Ruteng. Yang seharusnya cuma 80ribu, gue jadi bayar 200ribu, karena katanya untuk nutupin ongkos bensin. Jadi yaaa sama aja gue booking tu travel seorang diri. Uda ga banyak mikir deh berapa duit yang harus gue bayar agar tu mobil segera meninggalkan Bajawa *padahal soknya low budget , karena di otak gue ada banyak  trip yang kacau jadwalnya kalo sampe hari ini belom nyampe di Labuan Bajo! *lebih rugi besar dan lebih ribet.

Tapi ternyata, ya ampuuunnn ada aja halangannya untuk segera meninggalkan Bajawa. Tiba-tiba ujan turun deres sederes-deresnya, uda gitu sopirnya perlu ke bengkel untuk ganti ban, isi angin ato apalah. Eeehhh ternyata tukang bengkel ngilang ga tau kemana, jadi nunggguuuuu laagiii. Gue uda kudu geregetan aja ma ni sopir. Jadi nekat aja kaca mobil ku turunin *padahal ujan deres, teriak-teriak ma sopirnya, “buruaaaaannnnn” sambil ngacung2in tangan seolah-olah nunjuk jam tangan, padahal yaaa ga pake jam tangan. Maksudnya si, gue buru-buru nih waktu mepet.

Uda gitu waktu dia masuk ke mobil ternyata minta ijin mo masukin satu penumpang lagi, pan lumayan buat nambah duit bensin dia katanya. Taelaaaaa berisiiiik, bodo amat daahhh yang penting buruan berangkaaaattt.

Ternyata tu cowok aka penumpang baru cuma ikut sampe Ruteng. Untungnya dia nyante aja, waktu mobil berhenti di beberapa lokasi untuk ku poto-poto. Maklum ya travel 200ribu. Jadi tu sopir ngistimewain gue mo berhenti dimana aja. Dia juga sedikit ngejelasin beberapa spot menarik, seperti danau dan gunung. Jadi yaaa gue ga nyesel-nyesel amat yak bayar 200rebo. Apalagi ni sopir ngejamin kalo gue bakal dapat travel selanjutnya dari Ruteng ke Labuan Bajo hari itu juga. Dan bonusnya, pemandangan sepanjang perjalanan suuuunggguh keren. Banyak sawah luas, danau, dan gunung vulkanik. Yah lumayan buat ngademin mata en hati.


aku lupa ni danau namanya apa, dijadiin lokasi wisata setempat. berada di pinggir jalan rute Bajawa-Ruteng. tapi gue ga mau lama2 disini, sereeemm

Setelah berjam-jam nyampe juga di Ruteng dikala senja. Masi muter-muter dulu nyari alamat si penumpang cowok ituh. Mana jalan yang dilewatin tu serem-serem, jalan kecil yang kanan kiri hutan. Sebagai perempuan seorang diri, wajarlah ya radar kecurigaan gue menguat. Apalagi waktu itu lagi santer-santernya perempuan diperkosa didalam angkutan umum. Deg. Langsung aja gue tanya, “kita mau kemana nih”. Sambil siap-siap tangan gue pegang kenop pintu mobil. Denger gitu si sopir langsung ketawa ngakak, “kamu takut ya”. “Kita orang Flores ini baik-baik, ga punya niat jahat, ini cuma jalan pintas aja  biar lebih cepat sampai, soalnya nona kan masi harus cari travel lagi ke Labuan Bajo”, lanjutnya. Hufttt, tenang deh gue.

Tapi ternyata begitu sampe di lokasi mobil travel pada ngetem, ga ada penumpang lain dong. Otomatis aku disuruh bayar lebih lagi agar mobil mau berangkat ke Labuan Bajo. Sama seperti aku bayar lebih ke sopir travel dari Bajawa ke Ruteng! Buset dah, ogah. Aku langsung datangi sopir travel dari Bajawa yang menjamin aku bakal dapat transport dari Ruteng ke Labuan Bajo dengan harga normal. Darisitulah dia merangkai skenario, yang mau tidak mau aku dilibatkan didalamnya. Setelah dia bicara sendiri sama sopir travel ke Labuan Bajo, dia mendatangiku. Lantas dia tanya, “uang kamu ada berapa?”. “Aku cuma mau bayar harga normal 80 ribu”, jawabku. Terus dia bilang, “aku bilang sama mereka, kalau bapak kamu dari Bajawa dan ibu kamu dari Kalimantan. Kamu kesini cuma untuk mengunjungi keluarga bapak kamu, dan mau kembali ke Kalimantan. Bilang aja duitmu sudah pas, ga punya uang lagi”. What??!!

Belum juga aku sempat jawab apa-apa, dan otakku masi coba mencerna apa yang barusan dia bilang, ehh bapak-bapak travel itu uda pada kerubutin aku. Banyak yang bilang, “kasian”. Hahh? Terus si sopir travel  dari Bajawa bilang, “cewek ini cuma punya uang 80ribu buat bayar travel, sedangkan travelnya baru mau berangkat kalo ada duit bensin aja 100ribu”. What?Hah?? Terus sekonyong-konyong bapak-bapak travel itu sumbangan untuk nambahin duitku agar aku bisa berangkat ke Labuan Bajo saat itu juga, sembari memandangku dengan iba. Heeehh?? Gue sampe ga bisa berkata-kata, berusaha mencerna fenomena ini dengan baik. Bukan, bukan karena terharu orang-orang ini nyumbang duit ke gue buat bayar travel, tapi….skenario si sopir travel Bajawa yang luar biasa membuat gue sosok yang patut dibelaskasihi….*tu sopir lebih cocok jadi sutradara aja.
Mungkin pada saat itu gue ga sadar mulut gue mangap, sangking shocknya ga tau mo ngomong apa. Ga mungkin gue bilang, “kagaaakkkkkk, tu sopir Bajawa boongin kaliaaannnn”. Gue cuma diem, kayak abis liat hantu.

topografinya pegunungan gitu deh, jadi jalannya berkelok-kelok abis ga da lempeng-lempengnya. tapi gue demen huwakkk
view en hawanya bikin pengen tidur

ceritanya yang ijo ijo muda tu sawah panjaaaannggg sampe bawah. pengen kesana, tapi jauh :(

kalo kek gini, berasa di jawa


Daaan… puncaknya si sopir baik hati sang pemilik mobil travel ke Labuan Bajo mendatangiku dengan bilang, “jangan khawatir, anak buahku yang nganter kamu ke Labuan Bajo, aman kok, kalo dia macem-macem ato kebut-kebutan, lapor saja ke saya, ini saya kasih no hp saya”.  Saya tetep ga bisa berkata apa-apa, selain menyetujui barter no hp.

Kemudian saya masuk ke dalam mobil dengan muka linglung, sembari diiringi tatapan iba sopir-sopir travel itu. Emang muka gue semelas itu ya, sampe-sampe sopir-sopir di Ruteng percaya aja gitu dikibulin ama tu sopir dari Bajawa kalo emang kondisi gue menyedihkan. Gue ga tau sedihnya aku karena apa, karena menghadapi kenyataan karena muka aku emang muka melas, ato…kenyataan kalo gue ga bisa berbuat apa-apa, termasuk menyangkal cerita yang dibuat si sopir Bajawa. Bukaaaann, jujur bukan begini yang gue mauuuu, gue kan cuma mau bayar dengan harga normal, bukan pake adegan drama ngarang beginiiiii.

Si sopir travel yang mengantarku ke Labuan Bajo masih muda, remaja gitu, body nya kecil pula. Kuakui, bawa mobilnya kenceengg, musik juga diputar kenceeeng. Tapi adegan drama barusan serasa nyedot abis tenaga gue. Terserah lo deh dek, yang penting sampe Labuan Bajo selamat. Dia juga minta ijin bawa temennya untuk temen seperjalanan. Baguslah, biar dia ga ngantuk, gue sibuk ma pikiran sendiri.

Ga berapa lama tu sopir remaja, nanyain aku uda makan ato belum. Kujawab belum, dan rencana mau makan snack aja yang kubawa selama perjalanan. Sebenarnya intinya si, ga usa berhenti untuk makan, saya cuma mau cepet sampe Labuan Bajo dan ngelepas beban moral ini. Eehhh yang ada si sopir remaja ini malah iba, dia sepertinya shock karena baru pertama kali liat orang makan malam cuma snack ringan *mungkin dikiranya kalo ga makan malam sekali bakal mati, dan aku yakin dia sudah dengar dari sopir-sopir di Ruteng ato dari bosnya, kalo aku ga punya uang lagi. Soalnya dia malah bilang gini, “gak papa, saya yang bayarin makannya. Mau makan apa?”. Hahh?? Adakah kejadian seperti ini, si sopir travel bayarin makan penumpangnya. Kuliat mukanya sekilas, dia mengucapkannya bersungguh-sungguh. Yang ada aku merasa semakin ga enak hati. Sopir Bajawa sialaaaaann.

Lantas ku jawab, “ga usah, gak papa”. Ehhh dia malah makin iba, dikiranya gue merasa ga enak kalo ditraktir. Akhirnya dia ajak untuk makan di rumah sodaranya aja. Puluhan kali pula ku coba nolak. Dalam hati, gimana bisa aku telen tu makanan kalo aku ngerasa bersalah. Akhirnya karena dia lelah maksa-maksa aku untuk makan tapi ga mau, dia minta ijin untuk makan sebentar sama temannya, dan aku lebih milih nunggu di mobil. Setelah mereka kembali dari makan dan meneruskan perjalanan, aku bilang aku mau tidur, bangunkan aku setelah sampai pelabuhan ferry.

pasar lokal

sepertinya si tambang pasir. tu bukit nyeremin, kayak korengan gitu.

ga usa khawatir macet, jalannya sepiiiiii

perjalanan panjang untuk sampe di Ruteng

Entah mungkin karena aku sangat lelah, aku tidak terbangun sama sekali dalam perjalanan. Mereka membangunkanku ketika sudah berada di dalam pelabuhan ferry! Padahal ku pikir mereka akan menurunkanku di depan pelabuhan, karena teman seperjalananku yang pegang tiketku ke lombok besok menunggu di hotel apik di deket pelabuhan. Waktu ku buka mata, semua gelap, aku ga mampu mengenali tempat apa itu, jadi aku bertanya, “Dimana ini?”. “Loh katanya kamu mau ke Lombok, sekarang masi jam 11 malam, jam 12 malam biasanya ada ferry ke Lombok. Kita di dalam pelabuhan”, jawabnya.

Hah? Jalan dari dalam pelabuhan ke hotel kan lumayan jauuuhh, tengah malam gini pula. Dengan terbata-bata ku bilang kalo aku naik ferry yang jam 6 pagi, sekarang aku mau nginap di hotel dulu. Terus dia bilang, “oh ya suda, nginep di mobil ini aja ga papa, kita balik ke Ruteng agak siang kok”. Aduuuh, aku tau maksudnya mereka baik, menyilahkan aku nginep dimobil ini karena dikira aku ga punya uaaangg. “mmm…bukan gitu, ada temanku yang nunggu aku di hotel deket sini, jadi kalo boleh aku minta dianter kesana ya”, dengan muka ga kalah melas.

Meskipun mukanya agak ragu, akhirnya dituruti juga mauku dan diantar ke hotel yang dimaksud. Begitu berhenti di depan hotel, si sopir seperti ga yakin, “kamu yakin nginep disini?”. Yaaaa iyalaaahhh lennyyy, tu hotel kan bagus, padahal isu yang beredar diantara sopir lu kagak punya duittttt. Semakin bersalah lah gue. “mmm…teman aku yang nginep disini, aku cuma numpang”, jawabku pelan. Sopir remaja itu memandangiku lagi, masi bisa kuliat dia khawatir, khawatir kalau aku bohong nginep disini dan terlunta-lunta semalaman ga punya tempat tinggal. Jadi sekali lagi dia nawarin nginep di mobil aja, dan menjamin aman. Dan untuk kesekian kali ku tolak, dan langsug mengucapkan terimakasih lalu kabur masuk ke dalam hotel.

Begitu tiba di depan kamar hotel temanku, aku langsung terduduk di kursi teras. Bahkan untuk mengetuk pintu kamar temanku aja, rasanya uda ga punya tenaga, sangking merasa bersalahnya pada sopir-sopir itu. Ternyata temanku menyadari kalau ada seseorang di terasnya. Dia langsung membuka pintu, dan menemukanku terduduk seperti patung. “sejak kapan kamu sampai, kamu kenapa?”, tanyanya. Aku menoleh ke arah temanku, cuma bisa bilang, “kamu ga bisa bayangin, apa yang kualami hari ini”.

Setelah mandi dan bersiap tidur, ada pesan masuk. Ternyata dari si bos pemilik mobil travel yang mengantarku  tadi, isinya, “sudah sampai Labuan Bajo? Semua aman kan? Anak buahku ga macam-macam kan, bawa mobilnya ga ngebut kan?Hati-hati ya sampai Kalimantan.”

Aku => Diam…terus nangis teriak-teriak “Huwwaaaaaaaaaaaa maaafffffff”.


5 comments:

Unknown said...

kira kira abis berapa jalan2 di Flores ya, kayaknya enak denger pengalamannya

Lenny said...

Tergantung arya, flores tu luas dan ada banyak tempat keren yg wajib didatangi, tp yaaaaa itu transportnya bikin pening. Karena yg paling mahal adalah transportasinya. Soalnya termasuk langka hiks. Jadi, semakin banyak tempat yg ingin didatangi di flores, semakin jauh lokasinya, semakin jarang turisnya, maka budget transportasi mahaallll bingit. Itu klo qm pergi seorang diri sih, klo bs bw rombongan 4 org budget sgt amat bs ditekan jd murah.

KUMPULAN Naskah AndyPurwanto I3 said...

hahaha.. mantap tuh orang flores ya.. jadi pingin tahu nih, apa benerrr ada orang baik seperti itu di bumi, sekarang ini, :)

Anonymous said...

Hai mbak.. salam kenal! Ngga sengaja nemu bloknya mbak pas gugling2 tentang sail komodo.. ya ampun aku ngakak abis bacanya trus rada2 kasian sama sopir2 travel itu wakakakakk..ayok mbak ke flores lagi..saya ikut hehe..

monce said...

wkwkwkwkwkwkk lagi cari referensi ke labuan bajo N ruteng ternyata malah ketemua blog ini & asli ngakakak abis n mudah2an semua disana orang baik-baik ...jadi makin pede jalan ke ruteng ...

 

Followers