Translate

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Biografi ‘Ubur-ubur’: Cewek cuek yang hobi keluyuran dan susah dicari karena suka menghilang seenaknya.Sering banget diomelin teman,sahabat, en ortu karena hobinya yang menurut mereka riskan. Seorang kuli (karena blom jadi bos) yang terkadang menulis tentang cerita perjalanannya hanya karena dia pelupa dan takut memori di otaknya sudah full. Baginya jika buku adalah jendela dunia maka perjalanan adalah pintu dunia.
 

Friday, May 15, 2015

Jogging di Suhu Ekstrim di Swedia

0 comments
Awalnya aku takjub pada orang-orang Swedia yang tetep melakukan olahraga outdoor ditengah musim yang suhunya sungguh membuat orang asia seperti saya kelepek-kelepek kedinginan. Tapi toh ga butuh waktu lama buat gue untuk ngikutin habit mereka yang dulu ku anggap 'sangat tidak mungkin kulakukan'.



Ternyata oh ternyata tidak seburuk yang saya pikirkan. Memang ya, kadang tu kita cuma bisa men-judge sesuatu, padahal yaaa klo belum dirasain sendiri kayaknya belum berhak nge-judge :p

Jadi intinya sekarang saya malah ketagihan ngikutin salah satu habit mereka, jogging. Yang bikin jogging ini istimewa adalah jogging ditengah suhu kisaran 8-2 derajat *pe er banget, belum lagi angin dinginnya yang menerpa wajah sukses bikin kulit kebas alias mati rasa.
Tapi kok ya gue feeling so gooooodddd. Meskipun dingin dan muka mati rasa, udara yang segar *minim polusi dan pemandangan sekitar membuatku betah berlama-lama jogging, sampe kadang kasian sama kulit muka makin kering dah. Olahraga mengelilingi komplek-komplek perumahan yang sangat tertata dah mirip kayak rumah-rumahan dengan taman-taman cantik di depannya, apalagi musim spring gini yang mempercantik semua permukaan tanah dengan bunga-bunganya yang bermerkaran dimana-mana warna warni *sayang jogging males bawa gadget jadi ga da yang di foto, khawatir jg si klo mo moto2in rumah org. Pokoknya intinya cantik banget deh, mirip kayak yang ada di gambar ato internet *ntar deh klo ga males q poto2in, smoga ga disangka mo maling. Apalagi bunga2 liar warna kuning yang menghiasi smua sudut jalan. Dan ga cuma bunga kuning itu aja yang tumbuh liar, aq jg liat bunga tulip warna warni yang warnanya ngejreng itu tumbuh liar di pinggir jalan. Meskipun ada juga sebagian yang sengaja ditanam di beranda rumah. Berkurang deh perasaan sedih karena ga sempet mampir ke Keukenkof waktu di Belanda. Paling ga gue uda liat bentuk nyata tulip dengan mata kepala gue sendiri *happy!

Kadang-kadang aku juga sengaja lewat jalan setapak yang masuk ke hutan, berharap bisa ketemu bed of flowers, kalo ngarep bisa ketemu sama rusa swedia ato hewan2 kutub sejenisnya ya ga bakal ketemu, lah wong hutannya kecil bingit dikelilingi perumahan. Mungkin jadi syarat aja model perumahan dengan fresh air. Tapi sayangnya mungkin karena hutannya terlalu kecil dan terlalu banyak jalan setapak, peluang bisa nemu bed of flowers kecil. Jadi yaaa suda puas lah liat banyak bunga cantik yang lain.



Teruuuussss waktu jogging di sore hari adalah waktu yang baik untuk ketemu manusia yang lain. Karena jam segitu adalah waktu pulang kerja, dimana mereka akan melakukan olahraga diluar seperti jogging, jalan2 bersama anjing, jalan2 bersama baby, dan anak2 bermain di taman atau halaman rumah. Tapi jumlahnya jangan disamakan dengan bertemu dengan penduduk komplek perumahan di indonesia, disini bisa ketemu dengan satu dua biji manusia di jalan uda bagus. Kalo selain sore hari dan hari libur, aku nyaris tidak bertemu satupun manusia di jalan. Jujur aja kuakui, aku nyaris terkena syndrom 'like living in the ghost city', di otakku selalu keluar kata2 "where is all the people?". Ini berdasarkan pengalaman jogging di perumahan ya, bukan lagi ngomongin jogging di area turis.

Sebenarnya aku suda pernah baca si soal sepinya kota2 di Eropa *ya iyalah ya penduduknya pada seuprit. Tapi meskipun uda nyiapin mental untuk itu, tetep aja masi shock, masi kena syndrom 'like living in the ghost city'. Kadang2 aq bisa nyeletuk sendiri dalam hati, mungkin begini rasanya kalo jalan2 pas hari raya Nyepi di Bali *ngibur diri sendiri kalo di Indonesia bisa jg sesepi itu. Kadang2 dalam hati juga nyeletuk, cocok nih kalo dibuat lokasi syuting 'the walking dead', jalanan super sepi dan super dingin tinggal ditambahin zombie. Tapi kalo ngeliat backgroundnya rumah2 yang tertata rapi dan cantik2 dengan tamannya, kok ya ga cocok haha.

Sebagai makhluk Indonesia yang terbiasa dengan macet, polusi, ketidaktertiban, ketidakberaturan, sampah dimana2, Swedia seperti angin surga yang semuanya berbanding terbalik. Tapi sebagai makhluk Indonesia yang terbiasa dengan banyaknya sinar mentari, hiruk pikuk, keramaian, keramahtamahan, Swedia seperti....whatever u named it, karena memang berbanding terbalik. Jadi semua tergantung gimana cara kita nyikapinnya. If there is no body is perfect, so there will be no place is perfect. Pasti ada kurang lebihnya. Bisa menikmati kedua kondisi tersebut akan membuat kita semakin bersyukur atas apa yang kita miliki dan pernah rasakan. Di Indonesia mungkin banyak orang tidak menyukai matahari yang membuat kulit makin gelap dan bikin gerah. Tapi ketika suatu hari kamu dipindahkan ke sebuah negara dekat dengan kutub, kamu akan menyadari betapa kamu merindukan panasnya mentari. Ga heran kan yaaa kenapa bule suka kabur ke asia

Ok, back to jogging. Syukur Alhamdullilah ya daku yg asia tulen ini ga kena flu apalagi masuk angin. U know la yaaaaa penyakit orang asia kalo kena suhu dingin. Padahal kalo di Indonesia sering banget masuk angin, kena flu dadakan pula kalo lagi naik gunung.Heran juga si disini ga masalah sama sekali sama dinginnya, padahal kalo jogging sejam 2 jam diluar selain muka jadi mati rasa, kepala jadi pening. Mungkin itu sebabnya bule ga tau apaan tu penyakit masuk angin, karena disini ga pernah masuk angin.
































0 comments:

 

Followers