Translate

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Biografi ‘Ubur-ubur’: Cewek cuek yang hobi keluyuran dan susah dicari karena suka menghilang seenaknya.Sering banget diomelin teman,sahabat, en ortu karena hobinya yang menurut mereka riskan. Seorang kuli (karena blom jadi bos) yang terkadang menulis tentang cerita perjalanannya hanya karena dia pelupa dan takut memori di otaknya sudah full. Baginya jika buku adalah jendela dunia maka perjalanan adalah pintu dunia.
 

Sunday, October 6, 2013

Dimana-mana yang namanya ke 'surga' itu susssaahhh! (Perjalanan darat ke pulau Derawan ) Part 2

5 comments
Sekembalinya aku dan temanku dari toilet,truk-truk masih belum ada yang pindah tempat. Kulirik antrian paling belakang yang dah kayak ular naga panjangnya. Dengan muka fresh, abis cuci muka pake air seger pegunungan yang entah dari mana sumbernya, aku susuri antrian truk itu hingga yang paling depan. Dinginnya udara hutan di pagi hari dan kabut yang membuat pemandangan makin eksotis, membuatku mengaguminya sejenak. Sampe tiba-tiba kulihat pemandangan layaknya pelabuhan di pusat biang kemacetan. Banyak pedagang asongan, bedanya mereka pake sepatu boot. Juga ada tenda biru warung nasi yang dibuat ala kadar en dadakan banget, keliatan tenda semenit jadi. Semakin takjublah aku, pegimane bisa??



Ni lubang buaya kalo pas ujan tinggal di kasi anakan lele aja, jadi dah empang


Terdengar raungan mobil double cabin yang mesinnya meraung-raung didepan sono. Tu mobil kejebak dalem banget di lumpur. Kesian mobilnya. Habis itu diam. Hening. Kemudian seorang bapak yang sepertinya sopir truk menyapaku, kayaknya agak heran liat cewek kayak gue keliaran disitu. Gue ga inget, waktu itu ngomongin apa aja ya, yang ku ingat cuma ini.
Aku => "Kenapa ya pak, uda terang gini, truk-truk ini ga da yang niat mo jalan?"
Pak Supir=> "Percuma aja mbak, kalo belum kena panas, lumpurnya masih basah, susah dilewati, malah bikin rusak mesin aja"
Aku mbatin => Oooo pantesan, ni supir-supir pada nyante aja ngopi-ngopi, padahal penumpang-penumpang umum kayak gue uda pada gemes kenapa ga da yang mo jalan. " Tapi pak, kok bs ada warung yaaa disini?"
Pak supir => "haha, ini warung kaget mbak, cuma ada kalo macet kayak gini. Ga tau dapet info darimana, respon mereka cepet, malem mobil pada stuck, pagi-pagi buta, uda ada aja yang buka warung en penjual keliling".

Hebat juga, pikirku. Gini caranya ga usa takut kelaperan di tengah hutan daaahh.
Tiba-tiba ada truk gede yang nyalip lewat jalur kanan. Aku, temanku dan si bapak spontan beranjak dari tempat kami ngobrol, minggir mendekati si tenda biru. Bodinya yang gede banget keliatan lagi ngangkut sesuatu yang berat. Tu bapak lantas memberitahuku," Sopir truk itu minta diduluankan. Kasian, dia ngangkut buah, kalo kelamaan bisa busuk sebelum sampai dipasarkan, bisa rugi besar", katanya.

Mmmm...kesian juga, daripada busuk dimakan ulat mending dimakan kita yak.
Akhirnya cahaya matahari yang ditunggu-tunggu datang juga.Sopir-sopir langsung beranjak menuju truknya masing-masing, dan kita kembali ke dalam mini bus. Ku liat si rambo sudah selesai mandi, keliatan dari mukanya yang seger buger. Tapi kok bawa helm hitam ya?

Gue tanya, "Abis mandi ya pak?
Rambo, "yo'i dong"
Tanya lagi, "Trus tu helm buat apa? Abis ngojek?"
Rambo, "Loh helm ini multifungsi, bisa dibuat gayung hehehe"
Aku dan temanku ngakak. Ooo jadi itu sebabnya dia bawa helm di bisnya.

Perjalanan pun dilanjutkan. Kupandangi muka-muka para penumpang dah hepi banget karena bis udah mulai bergerak. Tapi waktu mau mendekati pusat lumpur, hujan lagiiiiii. cuma gerimis sii, tapi uda sukses buat para sopir ogah bergerak. Daripada ngerusak mobil, katanya. Sekali lagi ku lirik wajah para penumpang, kusut lg hehehe.

Aku ma temen aku si nyante aja. Secara kita punya libur panjang, dan tidak terlalu pusing dengan hal kek gini, dinikmati aja. Kali ini aku sibuk foto-foto sekitar, nah dianya milih tidur. Kadang-kadang aku heran ma teman aku, kalo tidur bisa kek orang mati. Masa waktu itu bis uda mo kebalik, miring 45 derajat, eh dianya asik aja tidur. Waktu aku tanya, masa ga kerasa apa-apa, jawab dia, kagak. Buseeett dahhh.

Untung gerimis cuma sebentar, abis tu panas lagi, orang-orang pun mulai masuk ke dalam mobil lagi. Setelah beberapa menit dag dig dug duer ngelewatin pusat lumpur yang mengerikan itu, mendengar mesin meraung-raung menyedihkan, dan bis terguncang-guncang tidak karuan, akhirnya kita bisa bernafas lega. Tapi kesenangan itu cuma sebentar, entah beberapa menit kemudian jalanan-jalan hancur kek gitu harus kita lewati lagi, lagi, dan lagi.

Kalo uda gitu, muka-muka para penumpang langsung pada tegang. Sangking heningnya, bahkan aku tidak mendengar satupun suara nafas. Khawatir kalo nafas ato gerak dikit tu bis bisa ngguling kali. Apalagi aku yang duduk paling depan, sebelah rambo. Aku liat dengan jelas bagaimana sulitnya truk-truk melewati lubang-lubang besar itu. Harap-harap cemas, berharap truk didepan tidak stuck didalam lubang. Karena bisa menimbulkan kemacetan lagi.




Tapi meskipun gitu, aku masi bisa ngerekam bis yang lagi berjuang ngelewatin lubang buaya loh. Seru juga! Teguncang-guncang kayak kena gempa. Persis kayak naik kuda rodeo. Tapi sayangnya, setelah itu videonya ku hapus, karena memori kamera dah kepenuhan :( sayang banget deh.

Akhirnya setelah melewati puluhan lubang, lumpur, tanah-tanah longsor, tiba juga kami di sebuah kampung yang gue lupa namanya (padahal namanya cantik seingat gue). Pemandangannya juga cantik, ada gunung batu yang lumayan tinggi menjulang, sedikit berkabut, dan brrr...dingin. Kami sempat berhenti di sebuah toko kelontong untuk beli cemilan dan air minum. Untungnya ku dah bawa cemilan dari kota, jadi ga perlu beli lagi, kebayang kan harga makanan di kampung tengah hutan gini berapa harganya. Aku beranjak turun dari bis, penumpang yang cuma 12 orang itu pada turun juga. Semua pada stretching, kayak mo ikut senam aja hehe. Maklum aja, kebanyakan duduk tegang sepanjang perjalanan, buat otot jadi kaku semua.

Meskipun sejak lahir hidup di Kalimantan, aku masi suka heran sama kehidupan pedalaman, kerja apa ya mereka itu disini, terus jauh banget lagi kalo mo nyampe kesini, terus kalo sakit parah ga ada rumah sakit, terus ga da kantor pemerintah en sekolah, kalo mo ngurus KTP pegimane, terus kalo ada kawinan, masa mo nyewa tenda en perlengkapannya dari Berau. Halah, pokoknya banyak dah pertanyaan2 sejenis berkeliaran di otak gue. Yang kalo kata teman aku, "ngapain dipikirin si, mereka aja nyante2 aja". Yeeee ga penasaran kan ga belajar.

Aku lupa berapa tempat makan yang kita singgahi, tapi seingat ku ga da penumpang bus yang hobi kelaperan. Malah pernah kita kompak bilang, "jalan aja pak, ga usa mampir tempat makan. lebih cepat nyampe lebih bagus" Hehe. Bayangin aja dong, selama 3 hari entu kita kaga da yg mandi, kecuali si Rambo yang uda siap sedia mandi pake gayung keramatnya alias helm hitam bulat buluk.
Tiba makan siang, kita berhenti di sebuah rumah makan di sebuah kampung yang cantik dan dingin.

Aku tidak pernah tau kalo di Kalimantan ada tempat berkabut dan dingin seperti ini. Mengingatkanku kalo lagi di wilayah pegunungan pulau Jawa. Kontur di kampung ini yang berbukit-bukit dan ada sungai cukup besar di lembahnya sungguh asri. Sejenak aku berdiri diatas jembatan kokoh, mengamati derasnya arus sungai berwarna coklat dibawah sana, sambil ngantri toilet. Tu rumah makan sepertinya emang biasa dijadikan sebagai tempat persinggahan alat transportasi antar kota. Tempatnya cukup rame dan banyak mobil yang diparkir. Toilet juga disediakan dekat dengan tempat parkir dan lebih dari satu.

Pas giliran gue masuk toilet, pengen rasanya mandi, dah sakau 2 hari ga mandi ;P apalagi airnya seger banget. Tapi kalo inget-inget ada bejibun orang pada ngantri di depan pintu toilet, bisa di seret keluar paksa gue. Dah gitu mandinya gue kan setengah jam sendiri hehe.

Abis cuci muka en bersihin diri, gue langsung aja nyelonong masuk dapur rumah makan yang ada di sebelahnya. Abis tempat duduknya dah pada penuh, lagian di belakang langsung bisa milih-milih menu. Sambil ngelirik-lirik orang masak dan ngecek kebersihan dapur gitu dehh (taelaahhh kaya apa aje). Tapi setelah melakukan serangkaian investigasi kurang penting, ujung-ujungnya gue tetep aja milih menu andalan orang Indonesia dimanapun berada, nasi goreng! hehe.

Terus pas pesenan jadi, nah loh nasinya antik gitu. Nasinya kaku mirip-mirip sticky rice tapi pendek-pendek en kurus. Mo makannya kok imoeet banget yak. Ku tanya penjualnya, "Bu, ini beras apa ya?"
Jawabnya, "Beras lokal, kita nyebutnya si beras dayak".
Hah lokal?? Sepanjang perjalanan kesini kagak pernah sekalipun gue liat ijo-ijo sawah, nyempil di sebelah mana tu sawah. Ijo hutaaaannn semua. Nanamnya didalam-dalam hutan kali ya.
Abis makan, perjalanan lanjut!
Leganya setelah nemu tempat makan en toilet, rasanya kayak abis menang perang cuy hehe. Makanya banyak penumpang yang lanjut tidur begitu bis bergerak. Setelah tempat makan itu, daerah yang kami lalui agak berbeda, kiri kanan gak melulu hutan, banyak yang sudah menjadi lahan pertanian. Keliatan dari plang-plang bertuliskan kelompok tani dimana-mana, juga ada perkampungan-perkampungan kecil yang letaknya agak masuk ke dalam. Kalo diliat-liat si, mungkin mereka para transmigran dari program pemerintah. Tapi kurang tau juga ya mereka tanam apa, Nah yang keliatan dipermukaan cuma dedaunan gitu.


Kena ujan lagi nih jalan bakal longsor seluruhnya kayaknya


Selang beberapa jam bis bergerak meninggalkan tu tempat makan, bis berhenti lagi. Hari sudah malam dan gelap segelap-gelapnya, pertanda kita sudah masuk hutan lagi. Dari kejauhan aku sudah melihat kelap kelip lampu mobil, cukup banyak, dah kayak terminal aja. Semakin dekat aku menyadari, itu lampu-lampu truk yang lagi berjajar rapi di pinggir jalan. Mampus deh lu, firasat buruk nih!

Rambo lantas menghentikan bis di belakang salah satu truk, persis kayak ngantri BBM. Otomatis semua penumpang pada bangun dan celingukan, dimana coba ini. Aku langsung aja tanya Rambo yang disebelahku, "Kenapa nih?", ga mungkin kan da razia.
Rambo jawab, "bentar, ku cek dulu". Sebelum akhirnya dia turun dari bis dan menghilang entah kemana.

Pengen rasanya aku turun dari bis untuk meregangkan otot-otot kaki yang berjam-jam uda mati gaya. Tapi begitu ngelirik kiri kanan samping depan atas bawah, enggakkk deh! Gelapppp dimana-mana, ga da rumah satupun keliatannya, cuma ada cahaya lampu mobil berjejer dipinggir jalan. Terdengar suara serangga hutan dan binatang malam lainnya dari arah kegelapan. Hiiiiyyy serem!!

Ku lirik lagi penumpang yang lain uda pada mulai gelisah. Tengok kanan tengok kiri, yakin dahhh pikiran mereka sama kayak gue, di hutan sebelah mana coba kita terdampar. Aku tau mereka juga uda pada pegel kelamaan di bis, tapi sama males nya turun ke bawah, becek, lembab, gelap!

Aku masih sibuk meng-observasi keadaan sekitar, kalau kalau ada hantu lewat. Kebanyakan nonton film horror sih, terdampar di hutan antah berantah terus di uber2 hantu ga bisa pulang, halah! Tapi temenku justru baru bangun tidur, menyadari kita berhenti dan nanya kita da dimana. Pengen banget gue jawab, "mmm...masi di Kalimantan si belum nyampe Papua" hehe.

Tak lama Rambo pun kembali, memberikan pengumuman yang sebenarnya ga pengen kita denger, "Di depan ada tanjakan yang berbahaya, ga da mobil yang berani lewat karena hari sudah gelap. Jadi pilihannya kita tidur disini malam ini atau terus lanjut dengan resiko bahaya?".

Glek! Orang waras mana yang milih opsi kedua coba? Maka suka tidak suka, mau tidak mau, kita menghabiskan malam kedua di hutan laaaaagi. Padahal masih jam 7 malam, kita masih punya lebih dari 10 jam sebelum matahari nongol. Kan lumayan untuk memperpendek jarak ke Berau yang rasanya berabad-abad ga nyampe-nyampe ===> lebay deeehh.

Dengan segenap kepasrahan yang tersisa, akhirnya kita-kita mulai mencari posisi strategis buat tidur. Mini bus ini terlalu sempit buat bisa tidur selonjor, meskipun 1 deret kursi gue pake, setengah paha ke bawah tetep aja nggantung!

Yah apa daya lah, masi mending tidur di bis daripada diluar sono. Aku jadi penasaran, si Rambo mo tidur di deket kolong bis lagi ga ya. Brrr...dingin. Ku lirik jendela di sebelah kursi calon tempat tidurku, haduh ni jendela kaga ada kacanya lagi. Bolong long long. Kalo tengah malem ada yang tarik-tarik gimana coba. Kulirik lagi hutan gelap di sebelah sono.
1 menit...ga ada apa-apa.
2 menit....masi ga keliatan ada yang aneh.
Ok, kayaknya aman, ga da hantu usil sekitar sini, haha. Observasi ngasal!!
Ku lirik temanku yang kayaknya enjoy-enjoy aja, langsung nyambung tidurnya lagi. Dasar! Penumpang lain juga ga da yang cerewet kelaperan ato pengen ke toilet. Begitupula aku, berdoa semoga tidak pengen ke toilet setidaknya sepanjang malam ini. Toilet alam gitu loh!

Dan percaya ga percaya, gue ikutin saran orang-orang yang pernah bilang, "biar ga kepengen ke toilet, genggam aja batu". Terserah lu kalo mo ketawa ngakak, tapi kalo lu di posisi gue, wajar-wajar aja genggam tu batu buat antisipasi hehe ==> pembelaan!

Herannya ada 1 keluarga yang numpang bis ini, sepasang orang tua muda yang bawa batita umur 2 taon. Maknyaakkk, untungnya tu baby ga cerewet, nangis dan ini itu, malah dieeemmm banget. Gue cuma pernah denger rengekannya sekali, itupun karena gerah kepanasan. Maklum bis rock 'n roll, adanya cuma Angin Cendela. Jadi kalo si KOmo lagi lewat trus ngantrinya panjang, di dalam bis serasa sauna.  Bukannya gue takut keganggu karena berisiknya tu baby, tapi kesian, umur sgitu diajak jalan kek beginian.



Senja di perjalanan

Senja di perjalanan

Senja di perjalanan


From Part 1

Jadi sebelum tidur di malam yang dingin, lembap, gelap, dan sepi ini ===> kok kayak lagunya sapa gitu ya, ku lirik si ade kecil, kesian, pasti kedinginan, batinku. Tapi kayaknya dia nyaman-nyaman aja tidur di pelukan bapaknya. Terus ku beralih ngelirik temanku, huuhh dasar raja molor! Ku sadari, tanpa di beri aba2 apapun, semua penumpang uda pada serempak tidur! Keadaan jadi tambah sunyi, cuma gue aja yang masi celingukan, lirik sana lirik sini, ga punya pilihan laen selain tidur.

Bingung gimana caranya langsung tidur, gue ngebayangin aja indahnya pulau Derawan yang sebentar lagi akan didatangi, meskipun ga tau berapa abad lagi. Sambil sesekali mataku melongok ke arah kaca bolong, sapa tau suda ada tangan hantu usil yang siap-siap mo nyolek gue, kan keburu gue duluan yang nge-gep dia. Ntar gue bakal teriakin, "hayooo mo ngapaiinnn??!".haha ==> kayak gue berani aja.

Jadi inget tindakan konyol temen gue waktu di UKM kampus. Dia yang bodinya gede (bahkan genderuwo aja mikir 9x buat gangguin dia, lah wong mirip! haha) itu tuh takut ama yang namanya hantu. Padahal nih cowok perawakannya dah cocok banget jadi bodyguard Presiden, tapi ya kok ngacirrr juga kalo liat banci. Nah Waktu temanku ini balik ke UKM kampus malem-malem yang katanya cukup angker, dia sudah menyiapkan ancang-ancang untuk menghadapi hantu yang mungkin bakal usilin dia. Jadi waktu dia mau melewati rimbunan semak pohon rindang di bawah tangga yang gelap, dia lancarkan aja aksinya dengan meloncat ke kiri dan teriak, "Bbbbaaaaaaaa!!!" ke arah rimbunan gelap itu. Niatnya sih, dia mo ngagetin tu hantu duluan sebelum hantunya ngagetin dia. Bwahahahhahhaa.

Inget itu aku jadi ketawa-ketawa sendiri mo tidur. Ngebayangin muka temen gue yang segede bodyguard lagi ngagetin hantu. Toh kalopun emang tu hantu lagi nongkrong di rerimbunan entu, gue jamin tu hantu bakal kena serangan jantung gara2 liat ekspresi die! bwaahaahhahaa.

Bukannya tidur, mikir itu gue malah ngakak sendiri, sampe kursi tidur gue terguncang-guncang. Khawatir ganggu penumpang laen, gue bangun, celingukan lagi, tapi semuanya pada diem aja. Ya udah! Gue lanjut mikir yang lucu-lucu sampe akhirnya ketiduran.

Keesokan paginya, gue kebangun gara-gara dingin. Apalagi udara luar bebas aja keluar masuk lewat jendela bolong di sebelah gue. Gue bangun dari posisi tidur yang kayak bayi dalam kandungan, iya, yang posisi kaki didekatkan ke dada, sangking dinginnya. Haduuuuhhh baru kerasa pegelnya. Abis celingukan sebentar, gue turun dari bis.

Gue ga nemu Rambo yang biasa tidur di kolong bis, kemana ya dia. Gue hirup udara pagi yang segeeeeeerrr banget banyak-banyak, berharap bisa gue simpen di daLam tas buat dibawa ke kota. Pemandangan hutan sekitar ternyata cantik juga kalo terang. Apalagi ditambah kabut. Warna hutan yang hijau sangat kontras dengan putihnya kabut. Eksotis. Pengen rasanya gue naik bis ambil kamera, tapi kok, pengen pipis, mampus dah lu.

Gue buru-buru aja balik ke bis en duduk diam sambil megang batu. hahaha. Ogah ah pipis di semak-semak. Nah cowok mah enak aja, cewek kan rempong. Mana banyak banget lagi sopir truk berkeliaran dimana-mana. Untungnya si Rambo cepat kembali ga tau darimana. Dan perjalanan pun dilanjutkan.

Ternyata tanjakan yang dimaksud cukup menyeramkan kalo dilewati. Jalanannya sih uda dikasi batu kerikil, tapi ya kok kalo dilalui bisa kayak terbang gitu tuh bis. Sampe-sampe untuk melalui tanjakan berbahaya ini, jalan lebar yang ditujukan untuk 2 jalur, harus ngantri sama mobil yang dari arah berlawanan, karena cuma boleh satu per satu mobil yang lewat. Kebayang dong kalo malem-malem gelap gulita ngelewatin tanjakan itu. Pantesan aja ga da truk yang berani lewat.

Perjalanan selanjutnya, jalanan sudah lebih bagus, dengan kanan kiri jurang dan perbukitan. Pemandangan juga cantik, kabut bertebaran di seantero hutan, cantik bener diliat dari ketinggian. Andai bisa berhenti sbentar buat poto-poto hufffttt. Sebelnya lagi, karena tadi malem aku pindah kursi agak belakang lantaran mo tidur, paginya kursi PW-ku di bis direbut sama om-om. Bete deh jadi ga bisa poto-poto pemandangan dari arah depan. Liat aja noh, tu bayangan om gede ikut ke poto deh gara-gara mo poto kabut dan jalanan di depan.



Baru tau Kalimantan bisa adem gini

Om! Geser dong!


Semakin mendekati Berau alias Tanjung Redeb, sudah terlihat rumah-rumah dipinggir jalan, meskipun dikiiitt. Tapi tetep masi banyak jalan longsor. Dag dig dug juga waktu ngelewatin tanah longsor yang bukitnya menjulang di sebelah kiri. Sebagian longsorannya yang berupa lempung keoren-orenan sudah memenuhi setengah badan jalan. Sambil ngelirik ke atas bukit, gue membatin, bener-bener bis kita bakal tenggelam kalo tiba-tiba ni bukit longsor lagi.

Perlahan-lahan, jalan tanah sudah berganti dengan aspal. Rumah-rumah sudah mulai terlihat banyak di pinggir jalan. Liat kehidupan yang lebih ramai, liat aspal, liat motor, serasa menemukan peradaban setelah berabad-abad terdampar di hutan. haha, lebay.

Then, pas tengah hari kami tiba di sebuah bangunan baru yang cukup besar dan luas tapi sepi melompong. Tempat apaan ya ini. Masa iya pekuburan. Mini bis pun berhenti di parkirannya. Dengan bloon-nya gue malah tanya, "tempat apa ya ini?". Rambo jawab, "Loh ya ini Terminal Berau!"
Hah?? Kita sudah sampe ya?!
Horeeeee!!!
Rasanya pengen gue sujud syukur saat itu juga :p

Setelah turun dari bis yang rock'n roll itu, pengen rasanya gue bilang terimakasih ma tuh bis. Bagaimanapun, tu bis yang berjuang ngelewatin jalanan-jalanan ancur penuh lumpur idup, lubang buaya, juga longsoran. Sekaligus jadi hotel kita selama 3 hari 2 malam (haduh lebay lagi deh). Tapi rasanya cukup gue sampaikan rasa terimakasih itu kepada si Rambo. Semoga si rambo bisa rawat tu bis baik-baik. Amiiinn.


Gapura khas Kalimantan

Perjalanan panjaaaaanng


Tapi setelah kita masuk ke terminal, siiiiinnngggg...krik...krik, nih terminal sepi sesepi-sepinya. Sumpah gue kaga ada liat angkutan sama sekali nongkrong disini, orang yang berseliweran juga bisa diitung pake jari. Helllooo, anybody homee???

Tiba-tiba ada seorang bapak mendatangi kita, ngeliatin kita dari ujung kaki ke ujung rambut. Antara dikira hantu, ato tampang kita yang kucel banget 3 hari belum mandi hehe. Hampir aja ku kira tu orang penjaga kuburan. Tu bapak lantas tanya kita mau kemana. Kita jawab aja, mau ke Tanjung Batu. Akhirnya setelah deal harga, kita disuruh tunggu di tempat kita berdiri, terus dia telpon seseorang buat ngejemput kita disini. Kayak taxi aja ya, emang iya, namanya taxi kijang. Bisa dibuat private, bisa juga rame2 biar ongkos lebih murah. Kita sii pake yang keroyokan dong.

Sambil nunggu, kita ngibrit nyari toilet. Setelah membersihkan tubuh biar keliatan ga kucel-kucel amat, ibu-ibu pembersih toilet tanya, "darimana?"
Aku ==> "Samarinda bu"
Ibu penjaga ==> "Ooo Berapa hari?"
Aku & temen ==> "3 hari bu" sambil pasang muka melas kecapekan, padahal kerjaan cuma duduk doang.
Ibu penjaga ==> "Ooo cepet dong, kapan hari sampe seminggu"
Aku & teman ==> Glek!! Kecele' kacang ijo.

Waktu akhirnya si taxi kijang nongol (meskipun mobilnya merk xenia, tetep aja disebut taxi kijang, hebat bener nih tim promo-nya mobil kijang), kita dah ga peduli lagi meskipun kursinya sempiiitt banget, masa kursi tengah dibuat 4 org gede-gede, yaaaa gue-nya agak kejepit. Tapi masa bodo'lah, cuma 2jam-an ini, setelah itu kan tiba di PULAU IMPIAANNNN!!!

Perjalanan dari Berau ke Tanjung Batu memaksa kita liat pemandangan ijo-ijo hutan lagi. Tapi ga selebat sebelumnya, dan lagi tanahnya antik, seperti dibeberapa lokasi hutan di Kalimantan, ada yang memiliki tanah pasir putih. Jadi yaaa hutan berpasir putih. Ini salah satu yang ku suka dari Kalimantan, unik!

Perjalanan 2 jam sama sekali tidak terasa untuk ku yang hobi melihat pemandangan luar, meskipun sempat hujan lebat selama perjalanan, di Tanjung Batu hujan sudah reda. Pemandangan segar habis hujan tampak lebih menyenangkan disana. Lokasi penyebrangan di Tanjung Batu kecil aja, tapi fasilitas cukup memadai. Ada hotel kecil, ada tempat makan, ada ruang tunggu, toilet, dan yang pasti banyak speedboat keren-keren. Sekalipun aku ga pernah liat speedboat buruk rupa disono, kecuali kapal kelotok nelayan.

Karena hari itu bukan weekend, maka tidak ada calon penumpang laen selaen kita bedua. Si driver speedboat nawarin kita untuk sewa boat 300rb sekali jalan. Tapi akunya ogah, mending duduk-duduk dulu di ruang tunggu sambil nunggu penumpang laen. Toh hari masih belum terlalu sore.

Baru juga duduk ga nyampe 5 menit, tu boat driver manggil kita dan setuju dengan harga normal yaitu 50rb per orang!! Hihi kita sungguh beruntung, ternyata tu driver harus ke pulau Derawan untuk ngejemput tamu. Yaaa kalo dipikir-pikir daripada dia ngangkut kosongan kan, mending dapet 100rb dari kita bedua, hehe.

Jadilah kita bedua sewa tu boat dengan harga 100rb ke Derawan dari Tanjung Batu. Akunya udah kayak orang norak gitu, heppppppyyyy banget sampe-sampe ga duduk dijok tapi di sandaran jok kursinya boat, biar lebih tinggi gitu, pemandangannya kan lebih asoy.

Dan begitu tiba di Pulau Derawan, tidak ada kata lain selain ekspresi takjub. Gue akui kalo pada saat itu gw norak abis. Gimana ga norak melihat jernihnya air, putihnya pasir, dan penyu hijau yang berseliweran bebas. Ahhhhh indahnya surga, indahnya Derawan. Sirna sudah keletihan selama berhari-hari di perjalanan. Memang ya, yang namanya ke surga itu sussssaaaahhh.

Rute Perjalanan ke Pulau Derawan




Ahhh indahnya surga...








5 comments:

timitimi said...

Ceritanya seru Sist.....
Moga2 ane bisa nyampe ke derawan.....
Salam kenal

Lenny said...

amiinn.
iyaaa, buruan samperin derawan sblum jd too touristic kyk bali kekekek

lam kenal balik!

Deprianto Agustinus said...

sist orang mna udah prnah ke pulau Teluk Taming gk ?
Salam Kenal

farizan said...

Seru perjalanannya Sist.. Gw jadi kepengen nyoba perjalanan darat ke Berau dari Lempake, secara gw lewatin itu terminal setiap balik ke Jakarta. Kalau lihat ceritanya, gw mau pilih pas musim kemarau kesananya... hehehe..

Lenny said...

Depri, teluk taming tu yg di kalsel bukan ya? Dulu sempat mau kesitu tapi ga jadi hehe

Farizan, kalimantan kyknya ga punya musim deh ya, klo musim panas kdg ada ujan, musim ujan kdg jg panas, hehe but wish you luck for the trip

 

Followers