Translate

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Biografi ‘Ubur-ubur’: Cewek cuek yang hobi keluyuran dan susah dicari karena suka menghilang seenaknya.Sering banget diomelin teman,sahabat, en ortu karena hobinya yang menurut mereka riskan. Seorang kuli (karena blom jadi bos) yang terkadang menulis tentang cerita perjalanannya hanya karena dia pelupa dan takut memori di otaknya sudah full. Baginya jika buku adalah jendela dunia maka perjalanan adalah pintu dunia.
 

Tuesday, October 8, 2013

Sendirian naik bis kota Bangkok ke Chatuchak / JJ market? Mungkin aja!

2 comments
Lapangan hijau dengan latar Candi Grand Palace

Seperti yang kita tau, kemungkinan kesasar selama travelling ke negara-negara yang memiliki tulisan non-latin sangat sangatlah besar. Contoh paling deket aja, negara Thailand. Tulisannya yang keriting-keriting itu mau dipelototin sampe keriting juga ga bakal bisa dibaca.

Tapi bukan independent traveller sejati namanya (ceileh) kalo gak pernah get lost disana. *Alesan tambahan selain disoriented hahaha.

Tapi ciyuss deh, haduuuhh tu tulisan di angkutan umum setidaknya ditambahin tulisan latin kek. Uda tau negaranya entu banyak didatengi kaum turis yang buta tulisan keritingnya, kekeuuuhh pake tulisan kriwil-kriwil. Bahkan di ibukotanya yang macet itu sekalipun. Kita kan sebagai turis independent low budget serasa ga da pilihan selain kesasar. Padahal yaaaa kesasar itu juga seringnya malah nambahin ongkos.

Angkutan umum yang paling modern, mudah dan cepat di Bangkok apalagi kalo bukan BTS (Skytrain) dan MRT (Subway). Selain tarif lebih miring daripada taxi, kita tidak akan tersesat karena disediakan tulisan latin di map dan rutenya (asal ga buta huruf aja). Tapi berita buruknya, kedua transportasi itu hanya menjangkau lokasi-lokasi tertentu! Googling aja map BTS dan MRT Bangkok. Rutenya dikiiiiittt banget. Ya wassalam aja kalo ente nginepnya di sekitar Khaosan Road.

Angkutan umum paling murah dan efektif menjangkau pelosok-pelosok Bangkok ialah bus kota. Ya tapi gitu, terjebak di macetnya ibukota, muter-muter seantero Bangkok beberapa jam baru bisa nyampe tujuan. Itupun kalo ente tau mau berhenti dimana. Ya  iyalah, transportasi murah, fasilitas dan kenyamanan ya gitu deh.

Pernah aku iseng-iseng ke Chatuchak Market (JJ Market) naik bis kota. Setelah desperated gara-gara ga minat masuk wat-watnya yang ditengah kota itu. Pas di seberang Grand Palace-nya entu ada sebuah halte yang cukup gede en rame. Mungkin karena dekat dengan pasar kali ya, tau deh pasar apaan.

Pemandangan sekitar Grand Palace

Disana juga da yang jualan kipas dari kayu cendana. Waktu gue ditawarin, dalam hati bilang, banyak nih di negara gu :p

Pengamen Jalanan pake modal, gue belum pernah ketemu ngamen yang pake tutup botol ato pake tepuk tangan.


Aku uda tau kalo ga ada tulisan latin di bis-bis itu, selain angka dan huruf kriwil-kriwil. Jadi maneketehe deh tu bis-bis darimana mo kemana. Tapi aku tetep ikutan nimbrung di halte itu sambil cari tau hehe. Terus masalah lainnya, ga banyak orang Thai yang bisa bahasa inggris. Itulah salah satu disaster kalo travelling kesini. Tapi bukan independent traveller sejati donk namanya (huueekk) kalo nyerah gitu aja.

Orang pertama yang kutanya, cuma bisa bahasa China. Orang kedua, ga usa ditanya. Baru dikeluarkan beberapa kata bahasa inggris aja, udah tanda menyerah melambai-lambaikan tangan. Putus asa tanya-tanya. Aku melanjutkan aja bengong disitu, ngeliatin bis-bis kota yang lalu lalang. Masa si di antara puluhan bis yang lewat, ga ada satupun yang ada tulisan latinnya.

Otakku yang punya prinsip, "selalu ada kemungkinan diantara ketidakmungkinan", kekeuh tetep nunggu disitu, nyari bis tulisan latin! Keras kepala sekali ya saya.

Tapi ternyata kekeraskepalaan saya (haduh ribet amat ya bahasanya) berbuah manis. Setengah jam menunggu sambil melototi tulisan-tulisan kriwil bis yang lewat, eeeehhh nongol juga bis tulisan latin itu! Ok, emang perbandingannya 1 juta : 1, don't try this at bangkok ya, kecuali emang ente keras kepala kayak saya. Intinya gue gak menjamin lu-lu pade bakal nemu bis kota tulisan latin sama kayak gue disono.

Akhirnya gue tau, dari halte depan Grand Palace entu naik bis no 44 untuk sampai ke JJ market. Pengen tau, uniknya JJ market yang cuma ada Sabtu ma Minggu itu gimana sih. Katanya siiii terkenal gettoo deeehhh. Lumayan lebih asik daripada nge-mall. Secara mall di Bangkok ya gitu-gitu aja. Pengalaman ke MBK malah mati gaya ga tau mau ngapain. Masi mending blusukan di mangga dua dahhh :p

Tiket bis kota. Beruntung angkanya di tulis pake latin.

Meskipun keliatan bangkotan, terawat dan ga mogok kok

Suasana jalan raya ibukota Bangkok. Maceeeettt. Tu orang gambarnya dipampang dimana-mana


Dan taunya harga bisnya murah banget loh, cuma 9 Bath. Tapiiiiiii berjama-jam! Berhubung emang tu market di pinggiran bangkok, dan gue pake bis kota yang muter-muter dulu, yang kejebak di macet juga, yaaaa pasrah aja deh. Mulai dari gue tidur, bangun, tidur, belum juga nyampe-nyampe.

Tapi yang gue salut, bis-bis kota ini meskipun keliatan banget uda bangkotan masi terawat dengan baik dan aman. Bayangin aja kondekturnya aja seringnya gue temuin perempuan. Yang sering bawa tempat koin dari besi ukuran panjang dan pake masker. Mungkin kalo nemu penjahat tinggal digeprok aja pake tu besi kali ya. Biasa kalo mau narikin duitnya tinggal dibunyiin "prok prok" aja di samping penumpang itu, yang artinya kira-kira gini, "Heh loe, bayar!" haha.

Disela-sela kengantukan gue, ada seorang ibu di sebelah gue yang ramah sekali, dan yang paling penting bisa bahasa inggris meskipun patah-patah. Tu ibu berumur 45-50 tahun deh kayaknya, ato lebih tua lagi ya. Pokoknya dah berumur dah. Ciyus dia ngasi tau, kalo ke Chatuchak hati-hati sama dompetnya, soalnya banyak copet.

Terus aku lupa, dia ngomong apalagi ya. Dia sempat menceritakan beberapa hal tentang keluarganya. Yaaaaa daripada gue terkantuk-kantuk kan ya gara2 jauh dan macet, gue tanyalah pertanyaan basa basi yang seharusnya ga perlu saya tanyakan.
"Lalu ibu sendiri memiliki berapa anak?"
Jawab ibunya ==> "Saya masih single"
Glek!

Sepanjang perjalanan menuju Chatuchak, yang lumayan mengelilingi seantero bangkok, ada beberapa pemandangan yang aku sukai dari Bangkok. Bukan macetnya pastinya. Banyak sekali kebun bunga kuning dimana-mana. Kuningnya yang bener-bener kuning ngejreng. Baik itu di bundaran, pembatas jalan raya, ataupun penghias gambar bapak tua berpakaian kerajaan Thailand.

Awalnya gue pikir tu bunga emang di tanam disitu, ternyata eh ternyata mereka pake pot! Pot-potnya disusun sedemikian rupa jadi kelihatan seperti kebun-bunga-kuning-mekar-sepanjang-masa. Jadi yaaaa keliatannya tu bunga ga mati-mati. Lah wong kalo bunganya layu langsung aja ditarik pot bunga yang layu, diganti pot bunga yang segeer! Pinter juga.


Ganti pot bunga yang lama sama yang seger

Bunga mekar sepanjang masa

Taman depan Grand Palace

 
Pernah ku berfikir, kalo di Indonesia dibuat gitu, kayaknya bakal abis tu bunga nganggur dijualin sepot-potnya. Ato mungkin sudah berpindah tempat di pekarangan rumah penduduk.Haha.
Hal lain yang menyenangkan di Bangkok, kita masih bisa nemuin taman-taman dengan ratusan burung dara. Kita bisa temuin yang kayak begituan salah satunya di taman depan Grand Palace. Yaaaa buat kita-kita yang belum pernah ke Eropa, anggap aja kayak disono dengan bule-bule berseliweran.

Sekali lagi, kalo ku fikir-fikir, di Indonesia dibuat kayak beginian, bakal abis tu burung masuk warung spesialis burung dara goreng. Hahaha.

Bagi saya yang tidak suka hal-hal berbau politik, saya jadi tidak begitu peduli sama pemimpin dan penguasa negara tempat saya jalan-jalan. *Ngeles aja padahal jarang baca koran dan nonton berita. Kecuali di negara tersebut lagi perang ato demo. Lagian ngapain juga ya gue kesana pas demo, nyusah-nyusahin aja. Nah berhubung ga da kejadian apa-apa di Thailand, aku juga ga tau apa-apa soal keadaan politik Thailand. Kecuali partai merah dan kuningnya yang pernah demo besar-besaran hingga melumpuhkan perekonomian negara.

Agak heran aja waktu ngeliat banyak banget gambar bapak tua yang berpakaian ala kerajaan Thailand di rumah-rumah penduduk dan jalan besar. Bahkan di tempat-tempat umum seperti stasiun kereta dan warung makan. Sebagai manusia yang bisa mikir, pasti kita tau kalo tu orang penting di Thailand. Tapi bahkan presiden negara kita aja, wajahnya ga segitunya dipampang dimana-mana ya. Masih kalah sama poster-posternya partai politik waktu lagi pemilu!

Maka dari itu, bertanyalah aku pada ibu ramah itu. Daripada sesat di pikiran sendiri.
"Bu, tu bapak siapa ya?"
Lantas wajah tu ibu langsung jadi cerah bersinar seperti kuningnya bunga di pot-pot di jalanan itu, dan dengan semangat 45 berkata, "he is our king! We love our king so much!"
Iye iye bu, aye bisa baca kok dari mukenye. You love king too much.

Beberapa jam kemudian....(lebayyyy deeh, 1,5 jam kemudian kayaknya)
Dengan muka ngantuk-ngantuk, dan jidat sakit abis kejedot pinggiran besi jendela gara-gara ketiduran, gue tanya ama ibu itu, apa suda kelewatan Chatuchaknya. Jawabnya, belum. Hadeeuuhh, kayaknya kalo naik kereta ke Ayutthaya uda nyampe neh.

Setelah melewati sebuah mall dengan tulisan Chatuchak, barulah aku tau kalo JJ market sudah dekat. Setelah diberi tau ibu itu bahwa aku harus turun disitu, aku merapikan rambut yang berantakan dan bergegas turun, sambil melambaikan tangan dan mengucapkan selamat tinggal dengan ibu ramah itu.

 

Semakin masuk kedalam suasana agak sepi

Isinya lautan manusia



Begitu turun dari bus......
Ya amplop, ni market udah kayak lepet, ga tau mana penjual mana pembeli sangking rapetnya. Semua jenis manusia di bumi ini sepertinya berkumpul di tempat ini. Warna kulit dan rambut dari merah kuning ijo ada semua. Bahkan telinga ku banyak mendengar bahasa yang entah dari negara mana aja asalnya. Sialnya selama di Thailand, tidak ada satupun yang menyangka aku turis! Huuh!

Jadilah mereka semua kalo ngomong pake bahasa kakakaka khas Thailand ke ane. Katanya muka gue thailand banget. Padahal bule-bule yang gue temui selama di sono setuju banget ma gue, kalo muka gue ga da mirip-miripnya ma orang lokal. Katanya sih bahkan jauuuuuuhhhhhh lebih cantik dari orang Thai. Hahahahahahueeekkk.

Ok, ga usah pake rasis ya. Semua perempuan tu cantik dan semua cowok tu ganteng. Deal!

Ok, balik lagi ke CHatuchak.
Berada di market yang cuma ada sabtu ma Minggu itu bener-bener bisa bikin lupa diri. Semuaaaaaaa pengen dibeli, apalagi perempuan yeee, yang emang uda kodratnya laper mata dan doyan ngabisin duit :p *ralat: ga semua ding.

Aku lupa berapa kali aku ke ATM buat ambil duit. Sampe aku sempet berfikir kemungkinan ongkos charge tarik tunai di luar negeri lebih gede daripada ongkos belanja gue. Shit! Sirna sudah harapan mewujudkan traveller low budget.

Setelah putar-putar Chatuchak market yang besar itu entah keberapa kalinya, akhirnya perutku yang lapar dan dahaga ini memberontak. Apalagi di Thailand banyak banget makanan cemilan pinggir jalannya yang enyak-enyak. Mulai dari Sosis segala daging yang besar-besar dengan saosnya yang aduhai khas thailand sweet and spicy, ada juga ayam goreng crispy yang rasa-rasanya kok lebih enak di banding KFC, ada juga segala jenis minuman yang aneh-aneh tapi sangat nikmat. Aduuuhh aku sampe lupa  apa aja yang aku makan dan aku minum disana. Yang pasti sebelum beli, uda gw pastikan 'no pork'.

Setelah capek banget belanja, dan makan minum ini itu, aku terduduk di pinggir jalan bersama dengan pengunjung lain yang juga senasib. Uda pasrah aja gitu, kayak gelandangan kekenyangan yang bawa banyak belajaan.

Lirik kanan, lirik kiri, hari sudah semakin gelap tapi kaki masih terlalu lunglai digerakkan, persis dah kayak buaya kekenyangan, cuma bisa diem aja. Kemudian ku lirik beberapa stand Thai Massage yang sangat menggiurkan tidak jauh dari tempat aku duduk. Aku memang tidak suka dipijat siiiii, tapi kan kalo sudah di Thailand sayang banget ga nyobain massagenya yang terkenal itu langsung dari negaranya. Apalagi gue pegel banget, cocok banget kan kalo dipijat. Hingga pada akhirnya perang batin di jidat gue dimenangkan oleh si Thai Massage!

 


Thai Massag . Tu Kaki kayak pukulan baseball wakkkk


Bergeraklah gue menuju stand massage. Setelah melihat menu massage yang disajikan, aku memilih menu yang paling minimalis gelinya. Soalnya di otak gue, dimana-mana yang namanya pijat itu geliiiiiii. Tapi ternyata gue SALAH sodara-sodara!

Aku sengaja memilih menu massage kaki dan tangan doang, biar ga geli-geli amat si ceritanya. Dan aku pilih menu biasa yang ga pake oil, lucu lah kalo selesai darisitu kulit gue mandi minyak. Tapi dasar otak gue dangkal banget yang kalo mikir pijat itu sama aja kayak di Indonesia, cuma diurut2 eh ternyata kalo Thai Massage kebanyakan tu kaki ma tangan dilipat-lipat dan ditarik. Parahnya lagi mentang-mentang gue pilih menu ga pake oil eh dikasi balsem! Beneran pake balsem aki-aki yang aromanya sangat pedas menyengat. Itu tuh sejenis balsem cap kaki tiga, remason dan sejenisnya yang biasa dipake mbah-mbah. Aromanya aja uda pedas nendang gimana rasanya dikulit coba, pedas membakar!

Parahnya lagi gue liat tu balsem bentuknya pada gede-gede banget, kalo di Indonesia balsem dikemas sekecil kerikil, kalo yang kuliat disini segede bongkahan batu yang cuma dibungkus plastik bening. Sempat terlintas dipikiran ku apa mungkin balsem di Indonesia tu impor dari Thailand ya. Dari warna dan aroma persis banget, ijoo! Cuma bedanya di Thailand lebih bervariasi warnanya ada merah kuning ijo, mungkin kalo  dicari-cari lagi ada kali yang warnanya ungu.

Dengan muka pasrah tanpa daya, cuma bisa diem aja waktu tu ibu-ibu dengan semangat mengolesi seluruh lengan dan kaki dengan balsem hot itu, dah kayak ngolesi selai di roti. Mau protes, bilang sedikit aja, tu orang kagak ngerti juga gue ngomong apaan. Hahhhhh panaaaasss!!!

Setelah puas tangan dan kaki gue di lipet-lipet en tarik-tarik, gue akui rasa capek itu mulai sirna. Rasanya fresh aja lagi gitu, meskipun kulit masi serasa terbakar. Dan sebelum aku beranjak dari standmassage itu, ibu yang tadi massage gue dengan english patah-patah menawarkan tu balsem ijo ke gue. Katanya kaki gue terlalu lelah dan disarankan untuk menggunakan tu balsem ijo secara rutin di kaki gue! Hah?! Ogah. Pertama, tu balsem ijo banyaaaaaakkk di negara gue, masa bodo tu balsem mo impor dari sini ato kagak. Kedua, Please deh, ogah banget gue harus bawa-bawa balsem berbau tajam begonoan sepanjang gue travelling. Ada-ada aja tu ibu, bisa aja marketingnya jualan balsem di stand Massage.

Keluar dari stand itu, hari sudah sangat senja. Nah pada saat itu baru terpikirkan, gimana caranya gue pulang ya. Eh maksudnya balik ke hotel di Khaosan Road. Sempat masuk ke MRT dan BTS station, setelah cek rute yang dilewati ternyata dari perhentian terdekat masih cukup jauh ke Khaosan. Nah dari situ harus mikir lagi mo naik apaan buat ke KHaosan. Setelah ku pikir-pikir beberapa saat akhirnya kuputuskan untuk naik bus aja, meskipun aku tau peluang untuk nyasarnya 100%! Abis, mau naik MRT juga nanti pasti nyasar juga pas mau ke Khaosan nya, ya udah mending nyasar aja sekalian dari awal, hahaha.

Aku tau sedari awal, ga mungkin aku bisa naik bus yang sama dengan bus yang ku gunakan ketika datang ke chatuchak. Karena kalo ga salah rute mereka bukan bolak balik tapi mutar. Terpaksa aku naik bus apa aja yang lewat, haha. Abis, kutanyain orang sekitar ga ada yang ngerti bahasa inggris. Kutanyain soal Grand Palace, apalagi. Sampe aku gregetan ni orang Thailand bukan si kok ga tau Grand Palace.

Hingga pada akhirnya takdir membawaku ke bus no 3 yang entah kemana. Aku sengaja naik aja, daripada daritadi ga pindah-pindah posisi dari depan Chatuchak Mall. Rencananya sih, nanti di perjalanan aku bisa tanya-tanya atau paling tidak bisa bertemu penumpang baik hati yang bisa bahasa inggris yang bisa kutanyain. Tapi belum sempat tanya-tanya, belum begitu jauh, bus sudah belok ke arah terminal. Emang sih aku ga bisa baca tulisannya yang kriwil-kriwil itu tapi kalo diliat dari banyaknya bus di area itu, bisa ku pastikan itu sejenis terminal!

Benar saja, semua penumpang turun disitu. Dan aku? Yah dengan pedenya aja turun, sok sok tau jalan gitu. Setelah capek muter-muter di sepanjang terminal dan tidak mendapatkan clue apapun, aku memutuskan ke toilet untuk mencuci wajah ku yang kumal seharian muter-muter chatuchak. Fiuuuh Thailand sama aja kayak Indonesia, toilet bayar!!

Sambil ngaca aku lirik jam di hp, sudah hampir jam 7. Padahal aku janjian sama Mike mau cari dinner bareng. Tapi akunya aja masih nyangsang entah dimana. Sebenarnya bisa aja si aku potong kompas naik taxi ato ojek, tapi kok ya ga seru amat.

Beruntunglah di toilet itu aku bertemu perempuan muda yang sangat baik hati. Aku rasa Tuhan mengirimkan malaikat untuk membantuku. Meskipun bahasa inggrisnya patah-patah dia bisa membantuku mencari bus yang melewati Khaosan. Sangking baiknya dia, ingin rasanya ku peluk dia sebagai tanda ucapan terima kasih. He he :p

Tapi jangan dikira masalah selesai setelah dapet bus arah ke Khaosan. Hari sudah gelap, sangking banyaknya jalan yang mirip Khaosan aku jadi tidak tau mau berhenti dimana. Akhirnya ku tanya pada kondektur bus perempuan yang syukurnya mengerti bahasa inggris. Dia bilang akan memberitahuku jika sudah tiba di daerah Khaosan. Tapi sialnya, dia menengadahkan tangannya sebagai imbalan info yang akan dia kasi, what the F***. Meskipun kaget gue pura2 cengok aja dan memalingkan wajah.

Macam-macam di keprok ma bu kondektur ntar

Salah satu simbol ato doa keagamaan di Thailand, Biasanya di tempel dimana-mana


Takut-takut juga si, gimana kalo entar dia ga mau kasi tau ya, buseeettt bisa sampe mana gue ikut ni bus. Bus bergerak lamaaa sekali di macetnya Bangkok. Belum lagi jalannya yang muter-muter.
Waktu itu gue duduk tepat didepan pintu bis. Jadi kalo ada orang yang naik, gue selalu liat. Masalahnya kebanyakan orang yang naik itu sering menangkupkan kedua tangannya di depan kepalanya sambil menunduk menghadap ke arah ku. Gue dah ke-GR-an aja kayak Raja yang lagi disembah dan dihormati gitu. Ealah selidik punya selidik ternyata gue duduk tepat disamping tulisan Thailand yang ditempel di atas jendela bis. Meskipun gue ga tau tu tulisan keriting artinya apaan, tapi gue yakin itu tulisan semacam doa keselamatan atau sesuatu yang dihormati oleh agama kebanyakan masyarakat Thailand. Langsung aja gue pindah tempat duduk dibelakangnya daripada gue ga enak sendiri.

Setelah penantian panjang tiba juga gue di daerah Khaosan. Gue taunya juga sih dari ibu kondektur, yang memberi bahasa isyarat turun disini. Buru-buru aja gue turun meskipun dengan tatapan panas ibu kondektur yang berharap aku kasih tips. Idihhhh bodo', matre amat sih.

Setelah turun celingukan lagi gue. Ini gue berhenti di daerah Khaosan sebelah mananya. Rasanya semua gang sama. Ah masa bodo lah, gue masukin aja satu-satu gang, sambil cari cemilan makan malam.

Setelah gang kedua, akhirnya aku tau aku melewati gang yang paling benar hehe. Tempat yang kulewati itu lebih familiar dan yang pasti aku ketemu sama penjual jus yang ramah asal Malaysia, karena pagi-paginya gue sempet nge-jus disitu.

Khaosan Road pagi pagi buta, masi sepiii


Dari penjual jus itu, hotel tempat aku stay udah deket, tinggal nyebrang doang. Fiuuhhh akhirnya gue sampe juga di hotel. Waktu nyampe muka si Mike uda panik aja, dia uda tau gue pasti nyasar haha. Padahal tadi pagi waktu berpisah, muka dia uda ga yakin gitu ngelepas gue jalan sendiri di Bangkok. But so far so good lah, yang penting gue uda balik.

Tapi meskipun gue uda balik dengan selamat dan tepat waktu, si Mike tetep aja dinner sendiri. Gue capekkk!! Jadi mandi langsung tidur ;p

Tips :
* Jadilah orang yang agak keras kepala, tapi keras kepalanya harus diimbangi dengan logika.
* Kalo sudah capek nyasar, naik taxi aja terus ditawar deh. Murah kok naik taxi di Bangkok.
* Rata-rata orang Thailand ramah kayak di Indonesia, jadi sering-seringlah bertanya meskipun mereka ga ngerti bahasa lu.





2 comments:

Unknown said...

Seru bacanya mbak :D berguna banget terutama skrg kita mau ke Jj market dan sudah dapet bus no 44 nya :D yeayy

Lenny said...

Senang tulisan ini bs membantu :)

 

Followers