Translate

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Biografi ‘Ubur-ubur’: Cewek cuek yang hobi keluyuran dan susah dicari karena suka menghilang seenaknya.Sering banget diomelin teman,sahabat, en ortu karena hobinya yang menurut mereka riskan. Seorang kuli (karena blom jadi bos) yang terkadang menulis tentang cerita perjalanannya hanya karena dia pelupa dan takut memori di otaknya sudah full. Baginya jika buku adalah jendela dunia maka perjalanan adalah pintu dunia.
 

Monday, February 9, 2015

Solo Trip Naik Motor 3 Minggu Bali-Jawa-Bali

10 comments


What a wonderful world

Gak kerasa uda 3 minggu nge trip sendirian naik motor Bali-Jawa-Bali. Keliatannya  21 hari tuh panjang yak, tapi menurut gue cepeeeeett banget.  Malah banyak tempat-tempat yang belum kukunjungi, ada banyak temen pula yang belum sempet gue temuin. Jadi yang rencana awalnya bisa nge trip sampe Lampung, ato minimal sampe Jawa Barat, eeeehhh mentok cuma bisa sampe Jawa Tengah.

 Setelah gue pikir-pikir seandainya waktu itu aku langsung sewa motor untuk 2 bulan, pasti nyampe Lampung tuh, bisa mampir ke Teluk Kiluan ato ke Gunung Krakatau, dan lebih banyak tempat-tempat idaman lainnya yang bisa gue kunjungi *duit darimanaaaaaaa, getok kepala sendiri. Tapi ku syukuri, paling tidak trip ini bisa selesai dengan damai sentosa, tidak banyak hambatan, dan bisa kembali ke Bali tepat waktu dan sehat walafiat *bersyukur, terimakasih Tuhan.

Salah satu destinasi impian. Finally I'm hereeeee

Huh sok-soknya mo ngetrip naik motor sendirian nonstop 2 bulan, padahal nge trip 3 minggu aja, pergelangan tangan sukses mati rasa berhari-hari, lutut linu karena sering terhantuk, punggung juga sakit karena nahan tas yang gede en berat itu. soalnya nge trip nya sendirian sik, ga da yang bisa bisa diajak gantian mbonceeeennggg. Dan daasar cewek ga bisa light packing yak, yang dibawa seisi kosan. Daripada keliatan niat ngetrip, lebih mirip niat minggat.

Sepanjang perjalanan banyak orang yang mencecarku dengan banyak pertanyaan termasuk ketika bertemu dengan teman-teman lamaku. Kebanyakan ga ada yang percaya dengan jawabanku, kalo aku-naik-motor-jalan-jalan-sendirian-keliling-jawa-dari-bali.  Kalo suda ku kasi tau begitu, ekspresi mereka langsung melotot, dah kayak liat alien. Kalo mereka dah yakin kalo ku ga becanda, ku bakal tertahan duduk ngejawab pertanyaan-pertanyaan mereka berikutnya sampe setengah jam ato lebih. Serba salah deh, niat jujur disangka becanda, kalo mo boong ngerasa bersalah.

Banyangin selama 3 minggu itu aku ketemu berapa orang, dan bayangin aja kalo kebanyakan orang-orang itu menanyakan hal yang sama, darimana, mau kemana, ngapain, abis tu mo kemana, kok sendirian, ga takut motornya mogok dan hendibla hendibli. Lama-lama ku bisa nyanyiin lagunya Ayu Ting Ting “kemanaaaa…kemanaaa…kemanaaaa”.

kalo yang ini, ampuuunnn deh saya ga sanggup, kesian motornya. saya jalan kaki aja.

Andai boleh ku rekam semua jawabanku, tinggal ku putar ulang ketika orang-orang kutemui menanyakan hal yang sama.  Pan biar bodi gue bisa hemat batrei gitu loh. Tapi kan ga ber-etika yeeee.

Jadiiiii, sebelum ada yang nanyain gue pertanyaan-pertanyaan yang sama disini. Langsung aja gue rangkum, pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditanyain ke gue sehubungan dengan trip entu.

11.  Ga capek?
Beuuuhhhh robot kaleeeee ga capek. Capek bingiitttt. Tapi kan yaaaa itu hobi + penasaran + semangat + happy = capek tu apa ya?
22.  Tau jalan?
Hari gene getoooo looh, zaman gadget canggih. Uda ga perlu bawa peta kertas kusut buat penunjuk jalan. Hp android yang murah aja uda bisa dipake sebagai penunjuk arah ter-update, pake GPS and aplikasi Google Maps. Bisa diakses kapan aja dimana aja. Lah kalo di blank area yang ga ada sinyal? Yaaaaahhh think smart duong, capture ato dibuat offline ketika masi di zona ada sinyal. Daaan kalo masi nyasar juga, tanya orang laahhh. Masi di Indonesia ini, masi ngerti bahasanya, dan penduduknya terkenal ramah-ramah. Dan kalo masi nyasar jugaaaaaa, kebangetan!
33. Ga takut?
Daku penduduk Indonesia nomal, dimana lebih takut lelembut dan sebangsanya daripada perampok berkalung golok kalo dah ketemu jalanan sunyi senyap kanan kiri hutan, apalagi kalo uda ditambah kabut, aduuuu uda deh, imajinasi liar menari-nari di sekitar helm, sibuk ngelirik spion kanan kiri sapa tau aja ada yg ngikutin ato nebeng duduk di belakang ga bilang-bilang.

sepi, mendung, dingin, kanan kiri hutan pinus, tinggal ditambahin edward cullen aja

44.   Kok traveling musim ujan si, naik motor pula.
Kalo situ dikasi pilihan now or never, sampeyan pilih mana?
55.  Ini kan musim ujan, ga keujanan?
Kalo gue bilang kagak, pastinya boong. Uda ga keitung berapa kali gue keujanan di jalan, kering-basah-kering-basah meskipun uda pake jas ujan.  Hampir tiap hari kerjaan gue dah kayak maen aer  ujan. Malah kadang gue ngerasa tu awan gelap kok kayak ngikutin kemana arah gue pergi. Belum lagi kalo ketambahan jalanan banjir, jalanan gelap, mati lampu, petir menyambar-nyambar. Rasanya dah kayak makhluk paling menderita sedunia. Pertama-tama sempet ngerasa kesel, sedih, pengen nangis, kok ujan seee, trus ngapain si gue kesiniiii. Lama-lama gue uda bisa kontrol diri, ga pake kesel-keselan. Kalo pas keujanan lagi, gue milih nyanyi-nyanyi riang, dan mensyukurinya masi mending dikasi ujan aer bukan ujan batu. Tuh kaaannn, traveling juga membawa perubahan yang positif.



66.  Malam masih dijalan?
Ogah yeee, kecuali terpaksa. Aku selalu berusaha sebelum gelap sudah sampe tempat yang dituju. Pertama, ga baik buat kesehatan dan daya tahan tubuh kalo tenaganya dikebut siang malam. Kedua, jalan malam lebih berbahaya, apalagi perempuan getooo. Pernah sekali kemaleman, jadi hujan lebat, mati lampu, banjir, dan gelap, gue masih dijalanan, dan perjalanan masih cukup jauh. Beruntung jalan itu adalah jalur antar kota yang cukup ramai, jadi yaaaaa masi aman laaahh.
77.  Ga takut ban bocor atau motor mogok di tengah jalan yang sepi?
Jujur aja si, gue sering banget lewatin jalanan sepi, kanan kiri hutan, jurang, ataupun bukit-bukit tinggi yang rawan longsor. Kadang-kadang dilengkapi dengan kabut, hujan atau suara serangga hutan yang semakin membuat gue serem.  Apalagi kalo ga ada kendaraan lain satupun, atau ga nemu satu orang pun yang bisa ditanyain arah dan jalan. Tapi namanya traveling, rasa penasaran gue jauh lebih gede dibanding rasa takut dan khawatir gue, jadi yaaa mo lewatin kuburan sekalipun maju terus pantang mundur. Pastilah kemungkinan ban bocor ato motor mogok peluangnya ada, sama seperti hidup, kemungkinan untuk celaka juga ada meskipun kerjaannya cuma diem di dalam rumah. Yang terbaik adalah memperkecil peluang buruk itu, caranya, pertama, pake motor yang umurnya masih baru (kayak gue wkkk), kedua, di kota-kota tertentu yang dilalui ketika dirasa motor sudah harus di service, maka baiknya bawa motor ke bengkel resmi untuk perawatan. Ketiga, sering-sering cuci motor yah, kata temen gue, motor yang kotor dan berlumpur berpengaruh pada nyamannya berkendara. Keempat, dengarkan mesin, kalo uda mulai berasa aneh, jangan dipaksa, bawalah ke bengkel terdekat. Soalnya gue pernah tuh starter nya tiba-tiba ga mau idup. Tapi don’t be panic. Yakin semua akan baik-baik aja. Tanggapi dengan kepala dingin dan pikiran positif. Pasti semua akan baik-baik aja. Gue pernah tuh waktu traveling naik motor di sulawesi selatan, dari Toraja ke Makasar, berkendara sampe jam 2 pagi! Tapi berhubung waktu itu gue bedua yaaaa, jadi so far so good. Sekitar jam 8 malam ketika kita melewati jalanan sepi, kanan kiri hutan tanpa penduduk, gue mikir gimana ceritanya kalo tiba-tiba ban bocor disini. Dan mungkin juga temen gue mikir hal yang sama, akhirnya terjadilah apa yang kita pikirkan, ban beneran bocor sodara-sodara. Tetapi Tuhan masih melindungi kami, tidak jauh keluar dari hutan sepi itu, ada perkampungan daaaannn ada bengkel! Tapi tutup dong. Beruntung orangnya berbaik hati mau buka lagi dan bantu tambal ban. Teruuuss sambil nunggu tambal ban, kita makan duren! Bwahahaha #cara mensyukuri dengan membuat diri happy. Jadiiiii moral of the story adalah, berfikirlah positif, tidak ada masalah pada motor, maka Insyaallah motor akan baik-baik aja. Terbukti, pikiran positif ku berimbas pada lancarnya perjalanan. Motor ga pernah mogok, ga pernah bocor, dan ga pernah rewel.  Dan jangan lupa, yang terpenting berdoa yah semoga diberi kelancaran.

Ga semua jalan mulus kalo ekspolre jawa lewat jalur utara, ada juga yang masi di perbaiki dan dibangun. but so far so good kok. jalannya masi bisa dilewati.

88.  Kok sendirian?
Bedua kok ma motor. Ya masa traveling harus bawa orang sekampung. Ya itu tadi, back to question, now or never. Kalo nunggu da temennya yang punya waktu yang sama, yang punya tujuannya yang sama,yaaa ga pergi-pergi.
99. Ujan-ujanan tiap hari ga sakit? Minum multivitamin?
Kagak. Rajin minum air putih, rajin makan, rajin tidur yang cukup tok.
110.Dibolehin sama orang tuanya?
Alhamdullilah yah…*sambil senyum2. Padahal….. -_- ngasitaunya belakangan klo trip dah kelar.



 

111. Uda abis berapa liter tu bensin?
Ups, lupa ga nyatet. Pan buat ngitung biaya pengeluaran yak *ooohhh bodohnyaaa dong dong dong. Tapi gue inget berapa km jarak yang gue tempuh kok, nyaris 3000km huwakkkkk *bangga.
112. Kenapa jalan-jalannya naik motor, kenapa ga naik bis aja?
Lebih cepet, efisien, bisa berhenti suka-suka, bisa lewatin jalan-jalan tikus, dan yang terakhir jauuuuuhhh lebih hemat *yang paling penting. Tapi beneran, naik motor sangat efisien waktu, ga perlu nunggu lama gara-gara nunggu bis penuh, ga perlu pula nyari2 sewaan motor kalo mau ke tempat wisata yang ga ada angkutan umumnya. Tempat wisata di Indonesia kan banyak yang ga bisa diakses pake angkutan umum.

It's a long long journey
Jembatan Tua
 
113. Kamu beneran berangkat dari Bali?
Lah liat aja pak plat nya DK. Dalam hati, ga percaya ya sudah. Pernah juga karena gue males ngomong panjang lebar kalo gue aslinya dari Kalimantan, tapi bawa motor plat DK, karena start nge tripnya dari Bali, jadi gue bilang aja kalo gue orang Bali. Ujung-ujungnya gue dipanggil  “mbok”. Bahasa Bali = mbok. Bahasa Jawa = mbak. Bahasa sunda = teh.

Mmmm apalagi ya, untuk sementara itu yang gue ingat. Selain peratanyaan-pertanyaan laen sejenis, namanya siapa, asal darimana, rumahnya dimana, punya berapa sodara, punya pacar belom…*loh kok. Dah macam mo ngelamar.

Gunung Semeru dari jalur utara.

Perbukitan batu di Gunung Kidul

 Ada banyak kisah terekam, ada banyak pertemanan terjalin, ada banyak harapan terwujud, dan ada banyak hal yang tak bisa kutunjukkan. Sensasi menikmati pemandangan indah diatas roda yang berputar diiringi terpaan angin segar, sungguh momen yang sangat luar biasa.  Sayangnya hanya bisa kusimpan sendiri *ga punya kamera canggih bok. Perjalanan ini memberikan banyak makna untukku. Mampu melawan segala ketakutan dan kekhawatiran. Serta mendidikku menjadi pribadi yang lebih dewasa. Sehingga membuatku semakin bersyukur atas apapun. Life is wonderful  :)

10 comments:

Selvia Sari said...

Laki banget, Kak.
Ngetrip pake motor sendirian :D

dhani_bajahitam said...

Giiilaaaa (sambil standing ovation), saya 1 minggu aja badan udah lembek kayak rendeman

Unknown said...

Wah, mbak ini pemberani...kapan2 bareng ya

KREASI Huruf Timbul said...

Mantap...

Unknown said...

Top markotop! Dua jempol!

Unknown said...

Kamu adalah wanita yg paling jantan

Unknown said...

kpan riding lagi

Jilbab Traveller said...
This comment has been removed by the author.
Jilbab Traveller said...

Pengeeennn

Ulla said...

Keren banget kak, aku juga suka traveling dan abis baca ini jadi mantepin hati buat naik motor sendiri ke jakarta dari bali. Yang mau aku tanya, pernah diberentiin polisi ga buat dicek surat2nya? macem sim stnk gitu2? makasih kak sebelumnya

 

Followers