Translate

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Biografi ‘Ubur-ubur’: Cewek cuek yang hobi keluyuran dan susah dicari karena suka menghilang seenaknya.Sering banget diomelin teman,sahabat, en ortu karena hobinya yang menurut mereka riskan. Seorang kuli (karena blom jadi bos) yang terkadang menulis tentang cerita perjalanannya hanya karena dia pelupa dan takut memori di otaknya sudah full. Baginya jika buku adalah jendela dunia maka perjalanan adalah pintu dunia.
 

Sunday, October 6, 2013

Menuju Goa purbakala di Ramang-ramang, Sulsel

1 comments
Ada tiga tempat wisata terkenal di kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yaitu Ramang-ramang, Leang-Leang dan Taman Nasional Bantimurung. Kebanyakan orang-orang si taunya Taman Nasional Bantimurung, sebagian juga tau Leang-leang, tapi kalo ditanya soal Ramang-ramang kebanyakan bilang, "dimana tuh".

Kalo TN Bantimurung terkenal dengan wisata kupu-kupu dan air terjunnya *ada gua juga sih, nah kalo Leang-leang dan Ramang-ramang dikenal dengan batuan karst-nya serta wisata gua manusia purba nya. Karena ada cap tangan mereka gitu deehhh.

Ga heran di daerah Maros ini banyak sekali gua, karena memiliki banyak tebing yang menjulang. Landscape seperti ini mengingatkan aku pada landscape daerah Krabi di Thailand. Tapi ternyata landscape di Maros jauh lebih keren dan sarat dengan peninggalan zaman purbakala.


Landscape Maros, Indonesia (sumber : photo pribadi)
Landscape Krabi, Thailand (sumber : photo pribadi)

Landscape Maros, Indonesia (sumber : photo pribadi)


Beruntung gue punya temen di Makasar yang baek banget nganterin ke tempat-tempat ini. Jadi jangan tanya gue naik angkot apaan ke tempat-tempat ini yah. Tapi kalo gue rasa akan lebih mudah kalo kalian menyewa motor dari makassar. Kalo soal jalannya lewat mana, banyak-banyaklah bertanya pada penduduk setempat. Lah wong teman aku yang tinggal di makasar juga masih tanya-tanya kok di jalan hehe.

Rute yang kami lewati adalah Makassar->Ramang-ramang->Leang-leang->TN Bantimurung->Makasar.



Batuan karst ditengah sawah eh salah, sawah yang ada di antara batuan karst :p (sumber : photo pribadi)

(sumber : photo pribadi)


Diantara Ramang-ramang, Leang-leang *heran gue kenapa nama daerahnya suka pake kata berulang*, dan Bantimurung, Ramang-ramang lah yang daerahnya masi kurang terjamah. Tapi sebenernya justru lebih keren sih, lebih alami, lebih adventurer dan yang paling penting neh yang kurang terjamah itu masuknya gratis! Haha. Tapi yaaaaa itu maen blusukan. Masih mending kalo blusukan ada petunjuk jalannya, kalo yang ini dibutuhkan skill onggoh inggih alias tanya sana tanya sini :p

Beruntungnya orang-orang ini paham bahasa Indonesia, jadi ga masalah lah kalo buta bahasa lokal. Paling-paling kalo ga ngerti bahasanya yaaaa mentok pake bahasa tarzan.

Setauku ada 2 alternatif untuk menyusuri daerah ramang-ramang ini. Yang pertama menyewa perahu penduduk setempat menyusuri rawa. Dan yang kedua, jalan kaki laaahhh.


Rumah adat Sulawesi dengan background bantuan karst (sumber : photo pribadi)


(sumber : photo pribadi)



(sumber : photo pribadi)



Semua alternatif punya daya tarik sendiri-sendiri. Tapi jika dirimu niat berhemat, dibanding sewa perahu yang nyampe seratusan ribu mending jalan kaki, gratis. Kalo gue sih, mending memanfaatkan kaki.

Karena tempatnya yang blusukan, ngikuti jalan setapak yang terkadang menyesatkan juga *lah wong bercabang-cabang, ngelewati rawa-rawa butek yang haduuuhh serem banget *takut aja lintah super gede nemplok di kaki gue ato ada buaya! Apalagi airnya lumayan tinggi hampir-hampir setengah betis lah kalo airnya lagi pasang. Sesuai apa kate orang lokal sono air rawa surut waktu masi pagi, agak siangan uda naek aja tu aer ngerendem jalan setapak. Kalo bukan orang lokal, mana kita tau kalo tu genangan air adalah jalan setapak tadinya. Mana rawa nya tenang, sunyi, seram gitu dah. Hiyyyy.


(sumber : photo pribadi)


(sumber : photo pribadi)


(sumber : photo pribadi)


Jadi kalo kata gue, usahakan kalo maen kesono jangan sendirian yee. Minimal adalah satu orang teman. Ato minta temenin penduduk lokal aja ntar baliknya kasi ongkos terimakasih gitu. Orang-orangnya baek-baek kok. Kita aja ditemenin ama beberapa anak kecil yang disuruh bapaknya. Mungkin tu bapak kesian liat kita bedua yang kayak orang ilang blusukan disawah2 ma rawa2 hehe.

Tapi buseettt, tu anak-anak kecil yang ceritanye nge guide kita cepet banget ilangnye dah kayak tuyul. Gue sering banget ketinggalan di belakang. Karena copot sandal, jadi ati2 banget ngelangkah di rawa2 yang tanahnya lembek tapi ditaburi ama batu2 tajem en licin, ogah dah kalo gue kecebur disini.

(sumber : photo pribadi)

(sumber : photo pribadi)



Jalan setapak sebelum air rawa pasang (sumber : photo pribadi)


Berulang kali temanku teriak-teriak manggilin tu bocah-bocah, "Woiiiii tungguin woiii" ato "Woiii kalian dimanaaaa, lewat manaaaaaa". Haha gue ga tau apa emang karena power anak kecil lebih gesit dan lincah dibanding kita yang setengah mateng, ato emang tu anak-anak lokal terlatih blusukan tiap hari di rawa-rawa. Emang si langkah-langkahnya lebih mini, tapi kalo setengah lari gitu, ngosh-ngoshan juga ngikutinnya. Padahal kan gue juga butuh sightseeing bentar jepret sana jepret sini, secara pemandangannya TOP gitu loh. Kita kan turis haha.

Landscapenya apik. Dikelilingi oleh tebing-tebing yang tertutupi dedaunan hijau menjulang tinggi. Dan ditengah-tengah lembahnya berisi padang sawah yang cukup luas *padang sawah??lu kate padang pasir haha,bukan cuma pasir aja kan yang boleh pake kata 'padang'. Pokoknya keren deh, ternyata memang ada pemandangan indah tersembunyi dibalik tebing-tebing tinggi ini. Selain kemistisannya tentunya haha. Ga tau kenapa berada di area ini, berasa ada aura-aura gimanaaaaa gitu. Tapi selama kita tidak melakukan hal yang buruk dan memiliki tujuan baik, semua pasti lancar-lancar jaya, ya kan hehe.

(sumber : photo pribadi)

(sumber : photo pribadi)

Tekstur di bawah tebing (sumber : photo pribadi)


Dan yang uniknya lagi, bagian bawah tebing-tebing ini memiliki tekstur seperti tebing dan karang di laut maupun tepi pantai. Memang ada pendapat peneliti yang mengatakan bahwa dulunya tebing-tebing ini terletak didalam laut maupun pinggir pantai. Sedangkan zaman sekarang ini laut terletak lumayan jauh dari lokasi ini. Peneliti beranggapan bahwa kemungkinan perubahan iklim yang menyebabkan garis pantai  menjauh. Tapi untuk pernyataan ini masih perlu dilakukan penelitian lebih jauh lagi. Aku langsung membayangkan jika benar dahulu daerah ini terendam air laut, pasti landscapenya seindah Phi phi island di Thailand yang memiliki tebing-tebing mencuat bertebaran di lepas pantainya.



Maros, Indonesia (sumber : photo pribadi)


Sawah diantara tebing (sumber : photo pribadi)


Mungkin kalo dulu Maros kerendam laut mirip seperti Phi phi island ya (sumber : photo pribadi)
Landscape Phi phi island, Thailand (sumber : photo pribadi)


Selain itu, ada cukup banyak petani pada saat kami lewat di lembah itu. Pastilah penampilan kita yang sok turis banget ini menarik perhatian mereka. Tapi kalo kita tersenyum dan menyapa, mereka akan balas tersenyum bahkan memberitahu berapa jauh lagi jarak menuju gua tersembunyi yang kita cari itu.

Tapi baru aja beramah tamah ma para petani, waktu noleh ke depan *noleh itu seharusnya ke depan ato belakang sih* lah tu bocah-bocah dah pada ilang aja. Aduuhhh, padahal kan gue masi pengen berleha-leha di lembah cantik ini. Setelah pamitan ma petani kita langsung ngibrit menuju jalan setapak yang semakin kecil. Sambil teriak-teriak gitu, sapa tau aja kita salah jalan.



 (sumber : photo pribadi)

Blusukan di rawa-rawa  (sumber : photo pribadi)

 (sumber : photo pribadi)


Ternyata oh ternyata gua yang dimaksud berada pada sisi tebing yang agak tinggi. Jadi nanjak agak curam gitu. Kalo di Leang-leang gua-nya sudah difasilitasi sama tangga besi buat naik keatas. Kalo yang ini yaaaa apa adanya, masi untung ada patok bertuliskan nama gua-nya disitu.

Ada beberapa gambar telapak tangan di gua itu, kalo ku ingat-ingat si ada 2 gambar tangan. Ada juga jalan masuk ke dalam gua, tapi ga ada yang berani masuk haha. Ya iyalah, lah wong 2 bocah penduduk lokal itu aja ga berani masuk, apalagi kita. Jadi kita cuma leha-leha sambil istirahat di teras gua. Karena kita bedua dah cukup keringatan ngejar tu bocah-bocah.



Woiii dek, tunnngguuuuuu (sumber : photo pribadi)

Diatas sono noh gua purbakala-nya (sumber : photo pribadi)

Hosh hosh....tu anak 2 cepet amat sih (sumber : photo pribadi)


Tapi mau lama-lama di teras gua itupun mikir-mikir. Abis kayaknya tu gua dibuat kandang kambing, banyak choco chip betebaran disitu dengan aroma khas yang menyengat. heleh heleh.

Setelah beristirahat sebentar, kamipun melanjutkan perjalanan kembali ke tempat dimana motor yang tadi kita pake terparkir. Begitu melanjutkan perjalanan, tu bocah 2 semakin kenceng aja ngibritnya. Bahkan kita uda ga bisa ngejar lagi, padahal mau kasi duit jajan sebagai ungkapan terimakasih udah dianterin. Ya sudahlah, semoga kebaikan mereka dibalas berlipat ganda oleh Tuhan. Amin.



Goa Telapak Tangan, Ramang-ramang (sumber : photo pribadi)

Cap telapak tangan manusia purbakala (sumber : photo pribadi)

Yang gue heran kok kayaknya tangannya kecil amat yak, tu tangan bapak2 pa anak2 (sumber : photo pribadi)


Setelah darisitu kami lanjutkan perjalanan ke Leang-leang.

Tips kemari :
* Datanglah pagi hari ke daerah Maros, tepat dijalan masuk menuju desa Ramang-ramang kita bisa melihat kabut tipis yang masi bergelayut indah dipucuk-pucuk tebing. Dan lebih indah lagi ketika matahari pagi beranjak naik menyinari tebing-tebing berkabut ini.
* Lebih baik untuk menggunakan motor kemari. Karena Maros memeiliki pemandangan indah tebing dan batuan karst purbakala. Selain lebih fleksibel  karena jalannya yang agak blusukan, lebih mudah berhenti-berhenti untuk mengambil gambar.
* Pakirkan motor ke tempat yang aman. Atau bisa dititipkan ke warung terdekat, mengingat daerahnya cukup sepi.
* Pakai pakaian dan sandal yang nyaman. Karena bakal ngelewatin genangan air rawa.
* Selalu sedia air minum, karena daerahnya cukup panas, agar tidak dehidrasi.
* Sediakan uang pecahan untuk bayar parkir motor (jika dititipkan di rumah/warung terdekat) dan bayar duit terimakasih jika di guide penduduk lokal ke gua.


Enjoy your travel!





1 comments:

Unknown said...

Wahh!!! Saya amat tertarik dengan tempat tersebut. Sebelumni saya tengok tempat tu di tv saluran go asean dan dari situ saya mula tertarik akan keindahan semulajadi tempat tu.

 

Followers