Translate

Powered by Blogger.

About Me

My Photo
Biografi ‘Ubur-ubur’: Cewek cuek yang hobi keluyuran dan susah dicari karena suka menghilang seenaknya.Sering banget diomelin teman,sahabat, en ortu karena hobinya yang menurut mereka riskan. Seorang kuli (karena blom jadi bos) yang terkadang menulis tentang cerita perjalanannya hanya karena dia pelupa dan takut memori di otaknya sudah full. Baginya jika buku adalah jendela dunia maka perjalanan adalah pintu dunia.

Thursday, December 4, 2014

“I HATE YOU, BUT I NEED YOU” *Sing to mesin cuci

0 comments

Hostel di Hongkong, keren yah unyu2 gimana getoh, berasa di Korea

“Do u know how to make this work?”, tanyaku.

“No”, jawab roommate ku singkat.

Sesaat kita bedua melototin tu mesin cuci beserta tombol-tombolnya dengan huruf-huruf ajaibnya. Berharap mungkin kalo dipelototin agak lamaan dikit mau berkerja. Kayak putri nungguin kodok berubah jadi pangeran. Setelah beberapa saat…., yaaaaaa nothing happen laaahhh.

Setelah memastikan kita bedua sama-sama cengo’, ga ngerti gimana jalanin tu mesin cuci, tu cewek jerman ngeloyor pergi ninggalin gue sendiri ‘diam tanpa kata’. Masi berusaha menelaah ato mencari ide gimana caranya tu mesin bisa nyuciin baju guehhh. Mau dikalkulasiin pake ilmu matematika atopun logika pun ga akan ngaruh. Bisa aja sih gue coba-coba pencet semua tombol, tapi kalo ntar kenapa-kenapa, terus rusak, disuruh ganti rugi, ogaaahhhhh, mo ngerampok duit darimane. Hongkong geto loh, yang apa-apanya mehoonggg.

Saat itu gue bener-bener berasa seperti makhluk ndeso eh bukan, makhluk goa yang ga  pernah liat peradaban, ato manusia yang lewati lorong waktu dari 500 tahun yang lalu. Haree geneeeee ga bisa make mesin cuci geto loohhh #dong dong dong pukul2 meja.

Elu elu elu pasti pada ngetawain gue kan, “ni cewek bloon amat sih, make mesin cuci aje kagak ngerti”. Ga usa ketawa dulu deh, coba elu pade kesini trus bantuin gue nyalain mesin cuci yang pake huruf-huruf Cantonese. Yang ga pernah tau bahasanya pasti sama bloonnya kek gue. Ga usa gue, tu roommate gue cewek Jerman yang notabene negaranya lebih canggih, kuliah di Shanghai pula, uda sering ke Hongkong buat ngurus visa, teteeeeeeuupp sama kek gue bloonnya. Padahal pan huruf cantonese masi satu spesies ma tulisan china yee. Padahal dia bisa komunikasi bahasa china loh, dan ngasi tau gue tulisan china untuk beli shampoo di minimarket. Ah tapi temen gue yang native china toh ga ngerti cantonese juga #sesenggukan.

Sebenernya kalo bukan karena super duper terpaksa harus nyuci baju, gue ogah harus pake mesin cuci. Seumur-umur kalo nyuci baju sendiri manual, pake tangan, karena gue sayang sama baju, biar kate di rumah teronggok mesin cuci siap pake. Pake mesin pan cepet merusak baju. Makanya stok baju gue masi ada sejak 9 tahun yang lalu. Bayangin aja seberapa banyak baju gue kalo nyaris ga ada yang rusak, dan terpelihara dengan baik.  Dan karena gue melihara body tetep slim ya bok, jadi yaaaaa masi muat meski pake baju 9 tahun yg lalu wakkkk.

Tapi berhubung gue liburannya ke hongkong yang notabene nyaris semua penginapan adalah flat, alias berdiri menjulang ke atas, yang sempit2an ga pake teras-terasan, jadilah tak ada yang namanya tempat menjemur (uda sempit2an gitu tetep aja ga da yang murah). Huffftttt. Bisa aja si kalo nekat jemur pakaian di jendela, seperti yang sering kuliat di flat-flat di Hongkong, tapi kalo terbang gimana, jatuh gimana, terus dibawahnya pan jalan raya,banyak orang lalu lalang pula. Ga kebayang kalo tu baju terbang, jatuh tepat ditengah-tengah jalan raya. Masi mending kalo baju yang jatuh, nah kalo daleman, bisa sial 7 turunan tu yang ketiban sial. Jadi jangan heran ya kalo lagi window shopping trus berasa ada yang netes-netes gitu dari atas, padahal matahari sangat terik. Bisa jadi ada orang yang lagi jemur pakaian entah di lantai berapa puluh. Sangking tingginya flat-flat di Hongkong, kadang klo gue dongak keatas, ga keliatan ujungnya. Apalagi kalo flat nya itu uda rame dengan pemandangan jemuran di jendela-jendela,berjejer dah kayak bendera kebangsaan, yaaaa berasa kumuh. Jauh dari kesan apartment keren yang dibayangan orang Indonesia. Maklum aja ya, harga tanah di hongkong luar biasa. Mungkin karena lahannya sempit pula kali ya, jadi lebih banyak  bangunan menjulang. Bahkan kata TKW disana, artis tenar di Hongkong sekalipun belum tentu bisa beli tanah sendiri. Wew. Suruh aja pindah ke indonesia, haha.

view dari jendela kamar

Ok balik ke masalah mesin cuci. Setelah beberapa saat muncul cowok asal Jepang ke dapur, bingung ngeliat gue matung di depan mesin cuci. Darpada ntar gue dikira kesambet jin china, langsung aje gue tanya gimana cara make mesin cuci itu ke dia. Ajaibnya dia bisa loh! Waktu kutanya, apakah dia bisa baca tulisan Cantonese, dia jawab, engga, aku kira-kira aja, soalnya letak tombolnya kurang lebih sama dengan mesin cuci di Jepang. Ealahh. Nah gue, kalo mo ngira-ngira gitu gimana, terakhir pake mesin cuci masi SMA, 8 taon yang lalu! Dah ga update banget tuuuuuu.

Setelah sukses menjalankan misi cuci pake mesin cuci, pas melintas di depan kamar cowok-cowok, gue denger tuh mereka lagi pada ngomongin gue, soal gue yang dari Indonesia dan sesuatu tentang mesin cuci. Sayang gue ga bisa nguping lebih lanjut. Aduuuuhh jangan-jangan mereka lg ngomongin gue, tu cewek dari Indonesia kaga bisa pake mesin cuci, mungkin orang-orang Indonesia tu gaptek dan katrok kali ya. Haduuuu apakah saya sudah memalukan bangsa saya tercintahh, hanya gara2 mesin cuciiiiii #otak kok isinya negatif doang.

Ga berapa lama, gue papasan lagi ma tu cowok Jepang, eh dia bilang,
“Ntar malam da acara? Dinner bareng yuk”
What? Daku terperangah. Belom juga sempet jawab, dia bilang lagi,
“iya, nge date.” Plus senyum manis.
Whaatttttttt! #bersenandung ‘cintaku gara2 mesin cuci’

Malamnya….
Cewek jerman : “Lenny, tadi pagi berhasil pake mesin cuci?”
Gue yang terkantuk-kantuk : “sukses dong” nyengir lebar. (Sukses juga ngerusak satu baju, dalam hati)
Cewek jerman : “ajarin dong, ada yang mau ku cuci nih”.
Daku ==> bwahahahahaha (bangga bukan Cuma gue seorang yang bloon)

Friday, July 4, 2014

Tips ke Kepulauan Togean via Palu

0 comments

Pulau Kadidiri

Aku menulis tips ini berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi aku berharap loe-loe pade yang mau berusaha susah payah browsing untuk susun ittenary perjalanan ke Togean bisa lebih prepare. Karena ada beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui, apalagi untuk yang sejenis female solo traveler.

Ada banyak jalan menuju ke kepulauan Togean, salah satunya lewat Palu. Nah tips lewat Palu lah yang akan saya sampaikan di blog ini.

1. Pertimbangkan lebih jeli transportasi apa yang akan digunakan untuk menuju Ampana. Dan yang lebih penting jam berapa tiba di Ampana. Ampana itu kota kecil yang agak sepi. Kalo punya kerabat disana sih sepertinya tidak ada masalah. Karena saya tidak punya kerabat disana dan tiba di Ampana jam 3 subuh, tidur-tiduran di pelabuhan sendirian bukanlah ide yang bagus. Dan mencari hotel pada jam segitu seperti mencari jarum di tumpukan jerami, karena rata-rata mereka tidak buka 24 jam. Saya menggunakan mobil travel dari palu yang cuma berangkat pagi dan sore. Jika berangkat sore hari, maka anda akan tiba di Ampana di waktu yang sangat tidak menguntungkan seperti saya. Jadi jika kalian menggunakan mobil travel better pilih yang berangkat pagi. Selain masi bisa melihat pemandangan selama perjalanan, juga masi bisa menginap di hotel di Ampana untuk mengejar kapal keesokan harinya.

Catatan : untuk bis malam saya kurang tau ada atau tidak, karena ketika saya tiba di terminal Palu selepas maghrib, terminal gelap dan tidak ada orang.

2. Cek jadwal kapal ke Togean ter-update. Tentukan ingin naik kapal Ferry, Puspita, atau kapal klotok. Karena beda kapal beda pelabuhannya. Kalo saya sih prefer kapal ferry. Meskipun pelabuhannya agak jauh dan lebih lambat jalannya tapi luasssss. Kalo pake kapal Puspita emang lebih cepet dan pelabuhannya di tengah kota, tapi sempit dan berebutan.

3. Jika tujuan kalian menginap di Pulau Kadidiri dan berniat menginap di penginapan yang paling murah, pastikan anda sudah booking sebelumnya. Karena sering full booked.

4. Meskipun biaya penginapan sudah termasuk makan 3x, bawalah persediaan makanan pribadi, karena tidak ada toko disini.

5. Berhati-hatilah membeli makanan di pelabuhan ferry ampana, harga nasi lauk ayam jauuuuuhhhhh lebih mahal daripada menu ikan. Menu ikan cuma 5ribu perak, menu ayam 20rb sebungkus.